Tahukah Moms, proses pemasakan bahan makanan tidak hanya bisa mengubah cita rasa, tetapi juga gizi yang terkandung dalam suatu bahan pangan. Beberapa vitamin dan mineral bisa hilang diakibatkan proses pemanasan. Karena itu, segelintir orang memilih untuk menjalani raw food diet yang terdiri dari konsumsi bahan makanan tanpa dimasak. Diet makanan mentah ini pada prinsipnya mirip dengan diet vegan yang didominasi bahan pangan nabati, hanya saja tanpa melibatkan proses memasak. Nah, untuk Moms yang baru ingin mencoba raw food diet, berikut ini beberapa daftar makanan yang bisa dikonsumsi mentah tanpa was-was. 

Buah-buahan 

Pada dasarnya, buah-buahan bisa dikonsumsi secara langsung tanpa proses memasak. Jangan lupa untuk mencuci buah dengan air mengalir hingga bersih ya, Moms. 

Bawang Bombay

Bawang bombay adalah contoh makanan yang bisa dikonsumsi mentah selanjutnya. Bombay mentah bisa dicampurkan ke dalam salad sayuran sebagai penambah cita rasa. Bombay mentah memiliki beberapa manfaat kesehatan seperti menurunkan kolesterol, sebagai prebiotik di dalam usus, juga kaya antioksidan quercetin yang bisa menurunkan tekanan darah dan baik untuk jantung. 

Bit 

Umbi berwarna merah yang memiliki rasa manis dan sedikit rasa tanah ini juga bisa dikonsumsi mentah lHo, Moms. Bit mentah bisa dimasukkan ke dalam smoothies atau dibuat menjadi jus atau dicampurkan ke dalam salad. Bit kaya zat nitrat dan folat yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Efek menurunkan tekanan darah ini lebih kuat ketika bit dikonsumsi mentah ketimbang setelah dimasak. Jus bit mentah juga baik Moms konsumsi sebelum berolahraga karena kandungan nitratnya yang tinggi bisa membantu meningkatkan performa atletik. 

Telur 

Ya, telur ternyata juga termasuk makanan yang bisa dikonsumsi mentah, Moms! Negara Jepang adalah salah satu negara yang terkenal dengan konsumsi telur mentahnya yang tinggi. Dalam budaya Jepang, telur mentah seringkali dijadikan topping makanan atau nasi hangat. Walau begitu, tidak semua telur aman dikonsumsi mentah, Moms. Telur yang sudah dipasteurisasi atau telur yang telah melalui proses seleksi dan distribusi yang ketat seperti di Jepang adalah telur-telur yang aman untuk dikonsumsi mentah. Selain itu, risiko terkena infeksi salmonella dari konsumsi telur mentah sangat tinggi. 

Nah itu dia beberapa makanan yang bisa dikonsumsi mentah. Apakah Moms tertarik untuk menjalani diet makanan mentah?