Sikat gigi termasuk barang wajib yang harus ada di kamar mandi. Karena bentuknya kecil, sikat gigi mudah sekali terjatuh. Di masa pandemi Covid-19 yang mudah menularkan virus, sikat gigi juga bisa menjadi sarana penularan yang cepat lho, Moms. 

Karena itu Moms, sebaiknya lakukan disinfektan sikat gigi secara regular. Cara ini dapat mencegah kontaminasi dengan bakteri dan mikro-organisme berbahaya lainnya. 

Berikut beberapa cara mendisinfeksi sikat gigi keluarga yang bisa Moms lakukan: 

Disinfeksi dengan hidrogen peroksida

Namanya kimiawi banget ya Moms… Tapi, hidrogen peroksida adalah disinfektan yang mudah dapatkan dengan membeli di apotek dan sebagian besar toko bahan makanan.

Untuk menggunakannya sebagai disinfeksi sikat gigi itu Moms campurkan satu cangkir air dan satu sendok teh hidrogen peroksida 3% ke dalam gelas. Lalu, putar-putar sikat gigi di dalamnya, dan biarkan di dalam larutan selama beberapa menit. Setelahnya, bilas sikat gigi yang sudah didisinfeksi ini dengan air bersih. Baru bisa digunakan untuk menyikat gigi. 

Disinfeksi dengan denture cleanser/cleansing

Namanya terdengar tidak familiar? Iya bisa jadi. Karena, tablet pembersih ini biasanya lebih banyak digunakan oleh para pengguna gigi palsu yang biasanya sudah berumur senior. Itu sebabnya lebih dikenal sebagi tablet pembersih gigi palsu. Tablet ini dicampurkan ke dalam air hangat untuk merendam gigi palsu di malam hari agar hieginis untuk dipakai keeesokan hari. 

Ternyata, tablet ini pun bisa dipakai untuk disinfeksi sikat gigi keluarga dan harganya tidak mahal, kok. Ini cara memakainya: 

Disinfeksi dengan obat kumur gigi

Moutwash atau obat kumur antibakteri ternyata juga dapat digunakan untuk mendisinfeksi sikat gigi. Caranya mudah. Moms tinggal tuang obat kumur secukupnya ke dalam gelas kecil hingga seukuran yang bisa menutupi ujung bulu sikat sepenuhnya.

Kemudian, kocok-kocok kuat sikat gigi ini di dalam cairan ini. Biarkan di dalamnya hingga beberapa menit. Tapi, jangan sampai melebihi 15 menit ya Moms… karena bisa merusak bulu sikat. 

Setelah itu, baru Moms cuci pegangan sikat gigi dengan sabun dan air. Dan selanjutnya, bilas keseluruhan sikat gigi di air mengalirkan. Keringkan dulu airnya, sebelum dipakai. 

Disinfeksi sikat gigi dengan baking soda

Di dapur Moms pasti ada bubuk baking soda atau soda kue kan? Moms bisa manfaatkan bubuk putih ini untuk mendisinfeksi sikat gigi keluarga. 

Caranya mudah saja Moms. Ini caranya: 

Disinfeksi sikat gigi dengan cuka

Dari dapur ternyata ada lagi yang bisa menjadi  pembersih kuman alami untuk sikat gigi keluarga. Ini adalah cuka putih.

Cara memakainya pun mudah. Moms tambahkan cuka putih secukupnya ke dalam gelas kecil hingga batas yang menutupi ujung bulu sikat. Biarkan semalaman untuk membunuh kuman. Nah, kemudian bilas  hingga bersih sampai  bau asam cuka ini hilang. Baru sikat gigi bebas digunakan. 

Merebus sikat gigi untuk membunuh kuman

Air mendidih dapat membunuh kuman di sikat gigi, dan tidak memerlukan bahan tambahan untuk melakukannya. Cara ini pun bisa dilakukan jika Moms mendisinfeksi beberapa sikat gigi sekaligus.

Untuk ini, didihkan air di panci hingga mencapai 100 derajat celcius.  Lalu, Moms  masukkan sikat gigi yang ingin didisinfeksi ini ke dalam panci, dan rebus selama sekitar tiga menit. Setelahnya angkat satu persatu sikat gigi itu, dan tempatkan di atas handuk yang bersih. Setelah dingin, barulah bisa dipakai. 

Semua caranya mudah kan? Jadi, pastikan Moms rajin melakukan disinfeksi sikat gigi ya…. agar sikat gigi memang menjadi sarana menyehatkan keluarga. 

^IK