Moms butuh protein tinggi untuk membuat stamina tubuh Moms selalu terjaga. Nah, jika Moms ingin mendapat asupan protein tinggi, sambil menjaga kolesterol seminimal mungkin, cobalah putih telur. Menghilangkan kuning telur membuat Moms terhindar dari tambahan sekitar 185mg kolesterol yang ada pada satu kuning telur. 

Gunakan putih telur ini untuh bahan sarapan pagi. Pakailah putih telur dari 2-3 butir telur. Ini sangat cukup untuk membuat Moms berenergi hingga siang hari. Dan yang menyenangkan lagi, putih telur ini hanya memberi sedikit kalori. Dari satu  putih telur memiliki sekitar 17 kalori dan 3,6 gram protein. Ini berarti Moms penuh power tapi bisa tetap langsing. 

Putih telur dengan direbus saja memang sudah enak dimakan dengan tambahan sedikit lada atau garam. Tapi, agar Moms tidak bosan, berikut beberapa ide resep sarapan pagi dengan bahan putih telur yang mudah dan enak. 

Resep Fritata putih telur dengan jamur dan bayam

Bahan

2 - 3 jamur diiris

Segenggam bayam segar

1 cangkir putih telur (dari sekitar 8 – 10 telur)

Garam secukupnya

2 sdm keju parmesan parut

Saus pedas, jika suka

Cara membuat: 

  1. Panaskan oven atau toaster untuk memanggang.
  2. Semprotkan wajan anti lengket dengan minyak goreng semprot atau pakai beerikan sedikit minyak goreng dan ratakan. Tumis dengan api sedang irisan jamur dan masak selama 2-3 menit. Tambahkan bayam segar dan masak selama 1-2 menit atau sampai bayam layu.
  3. Kocok putih telur dalam mangkuk sampai ringan dan berbusa, tambahkan sejumput garam dan tuangkan ke dalam campuran jamur dan bayam. Taburi dengan 1 (satu) sdm parmesan. Biarkan telur matang tanpa gangguan sampai tepi putih telur mulai matang dan berubah menjadi putih yang lebih padat. 
  4. Angkat perlahan tepi putih telur dan miringkan wajan sehingga telur mentah mengalir di bawah bagian yang matang, dan masak selama satu menit lagi.
  5. Pindahkan penggorengan ke dalam oven dan panggang selama 2-3 menit atau sampai telur mengembang dan matang. 
  6. Keluarkan dari oven dan taburi dengan sisa keju parmesan. Potong-potong dan sajikan dengan saus pedas jika diinginkan.

Resep Pancake Putih Telur

Bahan:

Cara membuat: 

  1. Kocok putih telur dan gula merah dalam mangkuk.
  2. Ayak tepung dan tambahkan campuran telur dan gula perlahan, sambil terus mengaduk adonan.
  3. Tambahkan pisang tumbuk, bubuk kayu manis, dan kenari cincang ke dalam adonan dan aduk rata.
  4. Tambahkan susu untuk menyesuaikan adonan mencapai kekentalan yang diinginkan. 
  5. Panaskan wajan datar. Olesi dengan mentega. Ambil sesendok campuran pancake dan ratakan di atas wajan panas. Masak dengan api sedang sampai berwarna cokelat keemasan dari kedua sisi.
  6. Sajikan dengan taburan madu.

Resep Muffin Putih Telur

Bahan: 

Cara membuat: 

  1. Panaskan oven hingga 175 derajat Celcius. Semprotkan kaleng muffin antilengket atau silikon dengan minyak semprotan masak antilengket.
  2. Panaskan minyak zaitun ke dalam wajan anti lengket dengan api sedang. Masukkan paprika dan bawang bombay dan tumis selama 2 hingga 3 menit. Masukkan daging, bayam, dan tomat, lalu masak lagi selama 2 menit. Tempatkan 1 sendok makan tumpukan ke dalam setiap cangkir muffin.
  3. Selanjutnya untuk adonan muffin itu kocok putih telur ke dalam mangkuk berukuran sedang. Tambahkan garam dan merica. Kemudian tuangkan kocokan ini ke dalam tiap cetakan muffin, sisakan sekitar 0,5 cm  dari atas.
  4. Masak selama 23 hingga 30 menit, atau sampai telur mengembang dan tidak lengket sewaktu ditusuk dengan tusuk gigi. 
  5. Keluarkan muffin. Nikmati selagi panas. Tambahkan beberapa tomat ekstra, sedikit salsa atau saus pedas jika diinginkan.
  6. Bila tidak habis, Moms bisa simpan di wadah tertutup, Masukkan lemari es. Ini bisa bertahan hingga 5 hari.

Resep Omelet Veggie Putih Telur

Bahan: 

Cara membuat: 

  1. Semprot wajan anti lengket dengan minyak semprotan memasak. Tambahkan bawang merah, dan masak sampai transparan (sekitar 2-3 menit). Tambahkan jamur cincang, dan masak hingga layu. Tambahkan tomat prem cincang, dan tambahkan semprotan minyak perlu untuk memasaknya.
  2. Setelah tomat menjadi lunak, tambahkan bayam cincang. Tumis hingga sampai layu. Sebarkan sayuran secara merata di wajan agar terdistribusi merata di telur dadar.
  3. Dalam mangkuk terpisah, kocok ketiga putih telur dengan sedikit lada segar. Tambahkan putih telur ke atas sayuran di wajan. Sebarkan rata,  dan masak sampai putih telur menjadi padat. Lipat telur dadar dengan hati-hati dan nikmati!

Resep Oatmeal dengan putih telur

Bahan: 

Cara membuat: 

  1. Campur semua bahan ke dalam mangkuk dan aduk rata hingga matang.
  2. Jika memakai microwave, aduk semua bahan dan masukkan ke microwave selama sekitar 1,5 menit. Keluarkan, lalu aduk lagi. Baru masak kembali sekitar 30 detik.  
  3. Oatmeal bisa langsung dimakan atau Moms bisa menambahkan Anda dapat memakannya seperti itu atau menambahkan buah-buahan, biji-bijian atau kacang  favorit sebagai peneman. 

Resep Smoothie dengan putih telur

Bahan: 

Cara membuat:

  1. Gabungkan 1/2 cangkir putih telur yang dipasteurisasi, 2/3 cangkir yogurt Yunani, 1 pisang kecil, dan 2 sendok makan sirup cokelat.
  2. Blender hingga halus dan berbusa.
  3. Smoothie pun siap disantap.

^IK