Cold pressed juice adalah teknik mendapatkan nutrisi sayur dan buah dengan perasan bertekanan tinggi (pressed) dan sangat minimal menghasilkan panas seperti blender atau metode jus lainnya.  Sehingga, kandungan vitamin dan mineral yang dihasilkan lebih optimal, Moms. 

Manfaat cold pressed juice

Beberapa ini keunggulan dari jus yang dihasilkan dengan perasan tekanan tinggi, Moms: 

Tertarik mencoba?

Resep cold pressed juice

Beberapa kandungan jus di bawah ini memang tidak lazim kita temui. Namun, bahan-bahan tersebut sebenarnya luar biasa sehat dan lezat jika dicampur dengan buah yang tepat. Berikut beberapa resep yang bisa Moms coba di rumah.

Belimbing merupakan salah satu buah dengan kandungan nutrisi terbaik dan sangat rendah kalori. Sayangnya buah ini tidak menjadi favorit karena rasanya sangat kecut. Padahal, 100 ml sari buah belimbing bisa memenuhi setengah kebutuhan vitamin C harian, Moms. Tak hanya itu, belimbing juga mengandung vitamin B kompleks dan mineral seperti potasium yang bisa menurunkan darah tinggi. Supaya rasanya tidak terlalu kecut, campur 2 buah belimbing dengan 1 mangkok stroberi. Stroberi akan meningkatkan antioksidan dan komponen polyphonic untuk mendorong sistem imun tubuh. 

Kombinasi jus ini pasti terasa segar banget, Moms.  Timun mengandung 90% air dan kandungan elektrolit sehingga pas untuk menghidrasi tubuh. Pir mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Sedangkan bayam kaya akan vitamin K, C, D, kalsium, serat, potasium, dan magnesium. Sangat baik untuk kesehatan tulang, Moms. Untuk membuat jus, gunakan dua buah timun, satu pir, 1/2 perasan lemon, 1 mangkok bayam, dan segenggam daun mint. 

Pare dibuat jus? Ih, pahit banget enggak, sih? Kalau dimakan hanya buah pare saja pastinya pahit ya, Moms. Tapi bila dipadukan dengan apel yang manis dan lemon, rasa pahitnya akan tersamarkan, sehingga jus lebih bisa diterima lidah. Untuk membuatnya, Moms tinggal mencampur dua buah pare, satu buah apel, dan setengah buah perasan lemon. Oh ya, jangan pilih apel Malang, ya! Jus ini bagus untuk Moms yang ingin menurunkan berat badan.  Apel mengandung pektin yang dapat mengikat dan membuang racun sisa dari usus sehingga bagus untuk detoksifikasi. Jus ini akan menstimulasi liver untuk memproduksi zat bernama Polypeptide-p yang dapat membakar lemak, dan mengontrol gula darah sehingga bisa menurunkan kadar diabetes. 

Jus ini sangat bagus untuk pencernaan karena pepaya dan nanas mengandung enzim prteolytic. Enzim ini dapat membantu usus mencerna protein, terutama sesudah makan daging. Campur saja setengah buah pepaya California, setengah buah nanas, dan setengah sari lemon untuk mendapatkan khasiatnya. Kombinasi ketiga buah ini akan memberikan beta karoten, vitamin C, serta bioflavonoids. Zat-zat ini penting untuk menjaga fungsi kesehatan dan daya kerja tubuh.