Snack adalah makanan selingan atau sering dikenal sebagai camilan. Meskipun namanya makanan selingan, tetap saja harus padat gizi, terutama untuk bayi. 

Melalui akun Instagramnya, dr. Tan Shot Yen menyebutkan bahwa snack harus tinggi kalori, tentunya yang dibuat sendiri di rumah. Prinsip untuk membuat snack yang sehat adalah memperhatikan faktor-faktor berikut ini: 

Mengandung Lemak Sehat 

Lemak pada makanan tidak selalu buruk. Jika tahu sumber dan pengolahannya dengan baik, lemak sehat bisa kita dapatkan. Lemak sehat yang dapat dibuat sendiri di rumah yakni lemak ayam dan santan hasil perasan sendiri. 

Kaya Protein dan Mineral

Hati ayam bisa diolah menjadi cocolan untuk buah. Selain itu Moms juga mendapatkan protein dan mineral dari telur yang dicampurkan dalam olahan pisang atau juga ikan yang dibuat jadi siomay atau otak-otak. 

Hindari Bahan Kemasan 

Bahan makanan yang patut dihindari adalah yang mengalami ultra proses. Moms, tidak perlu menggunakan bahan kemasan ini sebagai campuran dalam mengolah makanan. Apalagi yang hanya bikin cepat kenyang tapi minim nutrisi. Walau terkesan praktis, tapi nyatanya lebih banyak merugikan badan. 

Melalui laman Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek menambahkan bahwa makanan sehat adalah makanan yang semakin dekat dengan bentuk aslinya di alam. Semakin sedikit diolah, maka akan semakin sehat. 

Nah, sebenarnya dengan prinsip-prinsip di atas Moms bisa mengolah berbagai makanan selingan dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Sebagai contoh, biasanya di kulkas kita memiliki sisa-sisa sayuran dalam jumlah sedikit, wortel sisa sedikit, brokoli sedikit, jagung sedikit, dan lainnya. Dengan bahan-bahan sisa tersebut, bisa kita olah jadi snack sehat lho! 

Berikut resepnya: 

Muffin Telur

Olahan Snack yang satu ini membebaskan kita berkreasi menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah. Tapi, dengan bahan utamanya adalah telur.

Bahan: 

Telur 

Aneka sayuran 

Beragam protein

Bumbu 

Cara membuat: 

Potong-potong kecil sayuran dan protein. Pecahkan telur di dalam wadah lalu kocok. Masukkan potongan sayuran dan protein ke dalam telur yang telah dikocok. Beri bumbu secukupnya. Masukkan ke dalam cetakkan muffin. Masak dengan dipanggang atau dikukus. Bagaimana, Moms? Mudah bukan? Selamat mencoba!