Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, takjil memiliki makna makanan untuk berbuka puasa. Secara tradisional, orang Indonesia mengidentifikasi takjil sebagai makanan kecil atau panganan yang sering disajikan saat berbuka puasa. 

Gorengan, es-es, dan kue-kue manis seringnya adalah hal pertama yang terlintas di benak orang Indonesia ketika membahas takjil. Padahal, tahukah Moms, ada opsi lain yang lebih sehat untuk berbuka puasa. Apa saja? Mari simak ulasan singkat takjil sehat untuk buka puasa berikut ini. 

Kurma 

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud disebutkan: “Dari Anas bin Malik, ia berkata: Nabi SAW biasa berbuka puasa sebelum salat dengan ruthab (kurma basah), jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamar (kurma kering), dan jika tidak ada tamar, beliau meminum seteguk air“. Hadis ini menjadi petunjuk bagi umat Islam bahwa kurma adalah salah satu takjil sehat untuk buka puasa. Kurma mengandung gula buah yang akan membantu mengisi kembali energi kita yang berkurang saat puasa. Tidak hanya itu, kurma juga kaya vitamin dan mineral, juga serat yang bisa membuat kenyang. 

Smoothies 

Ketimbang es buah yang tinggi gula dan bisa membuat gula darah Moms melonjak naik, berbuka dengan smoothies adalah pilihan yang lebih sehat. Smoothies bisa jadi cara yang lembut untuk pencernaan setelah seharian berpuasa. Kandungan airnya juga bisa merehidrasi tubuh. Kandungan serat smoothies pun tidak setinggi kalau mengonsumsi buah dan sayur secara langsung, sehingga tidak akan membuat kaget usus. 

Setup Pisang dan Kolang-Kaling 

Saat berbuka puasa, sebaiknya Moms menghindari makanan yang berlemak dan bergula tinggi seperti kolak pisang. Nah, tidak perlu sedih Moms, setup pisang dan kolang-kaling bisa jadi alternatif takjil sehat untuk buka puasa yang tidak kalah lezatnya. Cara membuatnya tidak sulit, Moms tinggal merebus pisang dan kolang-kaling dengan air yang sudah dicampur rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, dan cengkeh. Tambahkan juga daun pandan dan gula kelapa atau gula aren supaya lebih nikmat. Gula kelapa dan gula aren memiliki indeks glikemik lebih rendah dari gula pasir dan juga kaya mineral. 

Nah itu dia beberapa inspirasi takjil sehat untuk buka puasa yang bisa Moms coba di rumah. Apakah Moms punya ide lain? Tambahkan di kolom komentar ya.