Stres tidak hanya dialami oleh para Moms yang bekerja di kantor atau luar rumah, ibu rumah tangga pun mengalami berbagai macam stres. 

Menjadi ibu rumah tangga adalah pekerjaan yang berat, Moms. Betapa tidak, pekerjaan ini  tidak ada liburnya, tidak bergaji, dan seringkali tidak mendapatkan apresiasi yang cukup. Menghadapi pekerjaan domestik yang tidak ada habisnya, perilaku si Kecil yang beraneka rupa, belum lagi soal mengatur finansial keluarga, membuat ibu rumah tangga rentan terhadap stres dan depresi. 

Nah, supaya kesehatan mental Moms tetap terjaga dan tidak menurun hingga menjadi kondisi seperti depresi atau gangguan kecemasan, Moms bisa coba langkah-langkah mengatasi stres sebagai ibu rumah tangga berikut ini.

Mengenali Pemicu Stres 

Setiap Moms akan memiliki pemicu stres yang berbeda. Jika sudah berhasil mengidentifikasi penyebab stres, Moms bisa memikirkan apa solusi yang tepat untuk menghadapinya. 

Pola Hidup Sehat 

Apa yang Moms makan berdampak langsung pada suasana hati lho, Moms. Makanan yang sehat dan bergizi seimbang akan berkontribusi pada kesehatan mental. Selain itu olahraga dan tidur yang cukup akan membantu Moms untuk bisa menghadapi stres dengan lebih baik. 

Waktu untuk Diri Sendiri 

Sesibuk apa pun Moms, sisihkan sedikit waktu untuk diri Moms sendiri. Kerja sama dengan suami dan anak agar Moms tetap punya waktu untuk melakukan hobi, bersosialisasi dengan teman-teman, dan waktu khusyuk untuk berdialog denganNya. 

Bicara Positif 

Banyak wanita yang cenderung berkata negatif pada dirinya sendiri dan menjadi kritikus terpedas bagi dirinya sendiri. Citra diri yang negatif seperti ini bisa membuat Moms menjadi lebih stres dan potensi-potensi yang Moms punya bisa terkubur, lho. Moms bisa coba mengubah cara Moms memandang diri sendiri, dengan rutin mengatakan kata-kata afirmasi positif dan mencoba optimis saat berhadapan dengan berbagai tantangan yang muncul. 

Stres sebenarnya tidak selalu buruk, terkadang stres juga bisa membuat kita lebih produktif dan termotivasi. Stres meningkatkan kemampuan kita untuk waspada, produktif, dan hati-hati. Walau begitu, terlalu banyak stres bisa merusak tubuh dan pikiran kita. Makanya penting bagi kita belajar untuk mengelola stres dengan bijak. 

Stres mungkin tidak bisa dihilangkan dari kehidupan Moms sebagai ibu rumah tangga, tetapi semoga cara-cara di atas bisa membantu ya, Moms! Jika dirasa terlalu berat, jangan malu untuk berkonsultasi dengan ahlinya ya, Moms! 

Baca Juga :Hilangkan Stres dengan Bersih-Bersih