Bit sudah sejak lama digunakan untuk pengobatan alami karena mengandung nutrisi yang lengkap, antara lain karbohidrat, protein, serat, serta vitamin dan mineral, seperti vitamin C, folat, kalium, magnesium, natrium, dan zat besi. Bit juga kaya akan antioksidan. 

Manfaat bit bagi kesehatan: 

1.Menurunkan tekanan darah.

  1. Mencegah pikun.
  2. Mengendalikan kadar gula darah.
  3. Meningkatkan kinerja fisik.
  4. Mengatasi peradangan dalam tubuh.
  5. Mencegah kanker.
  6. Mendukung kerja saraf dan otot.
  7. Memelihara kesehatan pencernaan. 

Umumnya bit dikonsumsi sebagai jus.  Namun, bit bisa juga diolah menjadi aneka hidangan, termasuk keripik dan acar. 

Berikut ini beberapa cara mengonsumsi buat bit:

  1. Makan mentah 

Buah bit bisa dikonsumsi mentah. Sebelum memakannya sebaiknya kupas kulit luasnya dengan menggunakan peeler. Jika ingin lebih enak, buah bit bisa dinikmati dengan perasan air lemon. 

  1. Panggang sampai empuk 

Buat Moms yang terganggu dengan rasa tanah dari buat bit, coba makan dengan cara memanggangnya terlebih dulu. Bit panggang biasanya empuk dan berair. Olahan ini cocok dinikmati bersama sayuran pedas, goat cheese, atau ditambahkan kacang-kacangan. Alternatif lainnya, buah bit bisa dipotong tipis lalu dipanggang menjadi keripik renyah. 

  1. Dijadikan salad 

Bit cocok dicampurkan dengan sayuran hijau yang biasa dipakai untuk membuat salad. Akan lebih nikmati jika ditambahkan dengan jelai, biji-bijian, serta keju feta. 

  1. Jus 

Salah satu olahan bit yang populer yaitu jus. Biasanya jus buah bit dinikmati oleh mereka yang sedang detoks. Tak jarang ada pula yang mencampurnya dengan buah lain agar rasanya makin segar. 

  1. Acar 

Acar tak melulu harus timun atau wortel, bisa pula memakai buat bit. Karena memakai cuka, rasa buah bit tak lagi seperti tanah. Rasanya berubah menjadi manis dan asam yang khas. 

  1. Dessert 

Walau bau tanah tapi bit juga cocok diolah menjadi dessert. Kamu bisa memasaknya menjadi puding hingga es krim bit. 

  1. Sop 

Buah bit dapat dimasak menjadi hidangan berkuah seperti sup. Olahan buah bit ini cocok dinikmati saat tubuh kurang enak badan.  Untuk membuatnya, buah bit dapat dikupas, dicuci, dipotong, lalu dimasak di dalam air mendidih. Bisa pula ditambahkan bahan lain untuk pelengkapnya.  

Buah bit kaya akan berbagai logam, seperti zat besi serta magnesium, sehingga dipercaya mampu mengatasi anemia. Maka dari itu juga, jangan mengkonsumsi buah bit terlalu sering, karena kandungan logam yang menumpuk dapat merusak organ hati dan pankreas.  Buah bit sebaiknya dikonsumsi di pagi hari saat keadaan perut kosong, agar kandungan nutrisinya dapat diserap maksimal oleh tubuh.