Agar memenuhi anjuran “Isi piringku” dari Kemenkes, buah adalah makanan yang tidak boleh absen di rumah kita. Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan, masyarakat Indonesia terutama balita dan anak usia sekolah, dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan 300-400 gram per orang per hari dan bagi remaja dan orang dewasa sebanyak 400-600 gram per orang per hari. Sekitar dua-pertiga dari jumlah anjuran konsumsi tersebut adalah porsi sayur. Cukup banyak ya Moms, kebutuhannya kalau dihitung untuk seluruh anggota keluarga. 

Nah, karena memang kebutuhannya yang besar, tentunya Moms harus membeli buah dalam jumlah yang banyak agar tidak perlu belanja setiap hari. Ini mungkin akan membuat Moms bingung bagaimana menyimpannya agar tetap awet hingga jadwal belanja selanjutnya. Apakah harus semuanya masuk kulkas? Ternyata Moms, tidak semua buah harus masuk kulkas. Ada buah-buahan yang tidak harus masuk kulkas, apa saja? Mari disimak daftarnya. 

Pisang 

Jika Moms memasukkan pisang ke kulkas, warna kulitnya akan berubah sebelum waktunya. Tekstur juga akan berubah. Walau begitu, pisang yang dikupas dan telah dipotong-potong bisa Moms bekukan di freezer untuk membuat smoothies atau sorbet buah keesokan harinya. 

Semangka dan Melon 

Untuk menjaga rasa terbaik buah semangka dan melon yang belum dikupas, letakkan di suhu ruangan saja Moms. Dengan menyimpannya di suhu ruangan, kadar antioksidan kedua buah yang nikmat dinikmati saat suhu panas ini juga akan lebih utuh. Tapi apabila Moms sudah memotong-motongnya, simpan kedua buah di lemari es. Biasanya akan tahan tiga sampai empat hari. 

Apel

Buah yang mengandung banyak kebaikan ini memang tidak harus masuk kulkas jika Moms bermaksud langsung mengonsumsinya kurang dari tujuh hari. Tapi, jika Moms bermaksud mengonsumsinya lebih dari itu, sebaiknya masuk kulkas untuk menjaga kesegarannya ya. 

Alpukat 

Alpukat adalah buah yang memiliki kandungan lemak baik yang bagus untuk kesehatan segala usia. Untuk kualitas terbaiknya, alpukat sebaiknya ditaruh di suhu ruang saja, Moms. 

Nah, itu dia daftar buah-buah yang tidak harus masuk kulkas. Jangan lupa makan buah setiap hari ya, Moms!