Yoghurt merupakan minuman berbahan dasar susu yang telah mengalami proses fermentasi dengan bakteri asam laktat. Proses fermentasi ini menghasilkan minuman bertekstur krim dengan rasa asam yang khas. Minuman kaya probiotik ini tidak hanya lezat dikonsumsi langsung tapi juga dijadikan dessert lho, Moms. Salah satunya bisa dibuat jadi es krim stroberi seperti resep Amy Palanjian pemilik blog populer yummytoodlerfood.com berikut ini, Moms. 

Resep Es Krim Yoghurt Stroberi 

Bahan:

2 cangkir greek yoghurt 

¼ cangkir madu (untuk si kecil di bawah satu tahun bisa diganti sirup maple ya, Moms) 

1 sdm jus lemon segar 

1 sdt ekstrak vanila 

1 cangkir stroberi yang sudah dibersihkan dan dipotong dadu.

Cara membuat: 

1.Campur semua bahan hingga tercampur rata di dalam mangkok. 

2.Masukkan ke dalam wadah kedap udara yang tahan di freezer. Bekukan selama 4-6 jam hingga padat, atau bisa semalaman. 

3.Keluarkan dari freezer dan diamkan selama 20-30 menit agar melembut dan bisa dikeruk dengan mudah. Moms bisa aduk-aduk dulu sebentar untuk menambah konsistensi krimnya. 

Mudah sekali bukan, Moms? Penggunaan greek yoghurt di resep tersebut supaya konsistensinya lebih kental dan rasanya yoghurtnya yang lebih kuat dibanding yoghurt biasa. Greek yoghurt juga baik untuk si Kecil karena kandungan proteinnya yang lebih tinggi dibanding yoghurt biasa.

Greek yoghurt pun merupakan sumber yang baik untuk kalsium, fosfor, zinc, pantothenic acid, vitamin A, dan potasium. Tidak hanya itu, greek yoghurt juga mengandung sedikit mineral lain seperti magnesium, kolina, dan tembaga. 

Seperti yang sudah disebutkan di atas, yoghurt dibuat melalui proses fermentasi dengan bakteri asam laktat, sehingga membuat yoghurt kaya akan bakteri baik yang bisa membantu kesehatan pencernaan kita. 

Dibanding yoghurt biasa, greek yoghurt juga memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi, sehingga pas sekali nih, Moms jadi makanan penutup yang bisa sekaligus sebagai makanan peningkat berat badan si kecil. Saat memilih yoghurt untuk si kecil pastikan kandungannya hanya susu dan kultur bakteri untuk fermentasinya ya, Moms. Hindari yoghurt-yoghurt dengan tambahan gula yang tinggi dan aditif makanan yang tidak baik untuk si kecil seperti perisa sintetik, pewarna sitentik, pengawet, dan pengental. Semoga bermanfaat.