Apa pun gaya hidup yang Moms punya, sepatu yang Moms miliki pasti akan kotor. Sepatu yang kotor bisa menjadi sarang kuman yang bisa berkontribusi membuat kaki bau. Makanya, mencuci sepatu secara berkala adalah hal yang harus kita lakukan. 

Cara mencuci sepatu dan seberapa sering melakukannya sangat bergantung pada jenis dan bahan sepatu. Nah, ada tiga cara mencuci sepatu sesuai jenisnya yang bisa Moms praktikkan di rumah. Apa saja? Mari kita simak bersama. 

Cuci dengan mesin cuci 

Yep, sepatu juga bisa dicuci menggunakan mesin cuci, Moms. Walau begitu, tidak untuk semua jenis sepatu, hanya sepatu kets dan karet saja. Caranya juga tidak sulit, sebelum memasukkan ke mesin cuci, Moms harus melepas semua tali dan bagian insole sepatu dan membersihkan mereka secara terpisah. Sikat dan bersihkan dulu lumpur dan kotoran-kotoran besar yang menempel pada insole sepatu dan tapaknya menggunakan sikat gigi bekas dan cairan sabun dengan air hangat. Setelah sepatu cukup bersih, masukkan sepatu ke dalam sarung bantal dan ikat supaya sepatu tidak keluar. Cuci di dalam mesin cuci bersama dengan handuk agar sepatu atau mesin cuci tidak rusak karena goncangannya. Gunakan kecepatan yang lambat dan air dingin ya, Moms. Gunakan juga deterjen cair agar tidak meninggalkan residu pada sepatu. Setelah selesai, keringkan dengan dijemur. 

Mencuci dengan tangan 

Langkah awalnya mirip dengan cara mencuci sepatu dengan mesin cuci di atas. Namun yang perlu ditambahkan adalah langkah untuk membersihkan bagian sisi-sisi sepatu dengan sikat gigi dan sabun atau cairan pembersih khusus sepatu. Setelah selesai menggosoknya, seka dengan lap atau spons yang dibasahi air bersih. Setelahnya, jemur sepatu di tempat yang tidak terlalu terik agar sepatu tidak rusak. 

Merawat sepatu gaya 

Untuk sepatu-sepatu gaya berbahan kulit atau suede, mencucinya dengan air akan membuat mereka menjadi rusak. Moms bisa menaburkan soda kue atau bubuk kopi ke dalam bagian dalam sepatu untuk menghilangkan bau tidak sedapnya. Sementara untuk bagian luar sepatu kulit, Moms bisa menyeka kotorannya dengan kain lembut dan sedikit sekali cairan pembersih, lalu tidak lupa menyemirnya setelahnya. Sedangkan untuk sepatu berbahan suede, Moms bisa membersihkannya dengan sikat khusus untuk membuang kotoran dan debu yang menempel. Jangan pernah dimasukkan ke mesin cuci ya, Moms. 

Nah itu dia 3 cara mencuci sepatu sesuai jenisnya agar bebas dari bau dan kotoran. Selamat mencoba!