Pestisida bisa dikatakan di jaman sekarang sudah menjadi bagian dari agro dan industri pertanian. Sulit rasanya menemukan buah-buah atau sayuran yang bebas pestisida, bahkan sekali pun Moms memilih jenis organik. 

Kok bisa? Lantas adakah pilihan sayuran dan buah yang aman dari pestisida? Mari kita simak penjelasannya. 

Apa sih pestisida?

Ternyata ya Moms pestisida bukan hanya soal bahan kimia untuk mengusir hama. Ini pengertian pestisida. Menurut SK Menteri Pertanian RI Nomor 434.1/Kpts/TP.270/7/2001 yang disebut pestisida adalah semua zat kimia atau bahan lain serta jasad renik dan virus yang digunakan untuk:

Karena itu, pestisida itu banyak jenisnya. Ya ini juga untuk membantu para petani agar tidak gagal panen. Jika mereka gagal, ehmm… bisa terjadi kerawanan pasokan. Cabe harganya melangit, sebagai contoh. 

Bagusnya, pestisida yang dipakai para petani ini dari bahan non kimiawi. Namun, masalahnya lagi-lagi soal produksi dan pasokan. 

Lantas, bagaimana jika pestisida terikut dalam bahan makanan? Jangan khawatir berlebihan dulu, Moms. Menurut Lauren Manaker, MS, RDN, LD, seorang ahli diet,  bila dalam jumlah sedikit, makan produk yang mengandung pestisida tidak akan menyebabkan efek kesehatan yang merugikan. Misalnya, seorang wanita perlu makan lebih dari 400 stroberi setiap hari untuk mencapai tingkat residu pestisida yang terkait dengan potensi yang berisiko.

Dan, Moms juga jangan langsung percaya segala iming-iming organik. Belum tentu, lho, beneran organik. "Penting bagi orang untuk mengingat bahwa kata 'organik' tidak berarti bahwa makanan itu bebas pestisida," ujar Manaker. "Produk yang ditanam secara konvensional mungkin memiliki residu pestisida, herbisida, dan fungisida sintetis, dan produk yang ditanam menggunakan praktik pertanian organik mungkin memiliki residu pestisida/herbisida organik," lanjutnya. 

Pilah pilih buah dan sayuran 

Penelitian terbaru dari kelompok nirlaba Environmental Working Group (EWG)  memperlihatkan: Lebih dari 70% produk segar non-organik yang dijual di AS mengandung residu pestisida.

Dari penelitian mereka pun memperlihatkan bahwa lebih dari 90% stroberi, bayam, nektarin, apel, anggur, dan ceri dinyatakan positif mengandung dua atau lebih pestisida. 

Berikut beberapa jenis buah dan sayuran lainnya yang rawan pestisida, yakni: kale, collard (jenis kubis hijau), sawi hijau, kangkung, paprika, seledri, persik, buah pir dan tomat 

Ini aman!

Jika Moms dan keluarga penggemar alpukat, Hore!!! Ternyata, alpukat menjadi bahan makanan yang aman dari pestisida. Selain alpukat, Moms bisa memasukkan jenis buah dan sayuran ini ke dalam keranjang sebanyak mungkin. Sekalipun bukan produk organik, jenis buah di bawah ini termasuk aman dari cengkraman pestisida: 

Buat sebersih mungkin

Mengingat bahan makanan mengandung pestisida bisa dikatakan mengepung kita, maka langkah yang bijak lebih Moms mempelajari cara membersihkannya dengan tuntas. Bagaimanapun sayuran dan buah adalah bagian penting dari menu keluarga sehari-hari. 

Berikut caranya: 

^IK