Bulan Agustus sudah tiba, nih, Moms. Tak terasa,  ini Agustus kedua di masa pandemi. Meskipun kita masih dalam suasana pandemi, namun kemeriahan Agustus sebagai bulan kemerdekaan Republik Indonesia, tetap terasa kok, Moms, meskipun tidak semeriah tahun-tahun sebelum pandemi. 

Moms masih bisa melihat penjual bendera di pinggir jalan, rumah-rumah juga mulai dipasangi bendera merah putih, dan anak-anak sudah ada yang menghiasi sepedanya dengan bendera merah putih kecil. 

Selain banyaknya bendera merah putih yang kita temui di sepanjang jalan, keramaian bulan Agustus juga identik dengan aneka lombanya. Sebelum pandemi, kita bisa melihat berbagai lomba 17 Agustus di tingkat RT. Anak-anak bersama temannya juga ikut meramaikan lomba dengan memakai kostum serba merah putih.  

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini lombanya kita pindah ke rumah dulu, ya Moms. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan yang biasa terjadi saat lomba. Meski lomba 17-an dilakukan di rumah, kemeriahan dan kegembiraannya tetap bisa terasa, kok Moms. 

Lomba yang Moms bisa adakan di rumah adalah lomba makan kerupuk, balap kelereng pakai sendok, memasukkan pinsil ke dalam botol, dan lainnya. Tetapi, kalau Moms ingin lomba yang berbeda,  boleh coba aneka lomba di bawah ini: 

Lomba Susun Puzzle 

Kalau Moms punya puzzle di rumah, bisa dicoba nih, lomba siapa cepat menyusun puzzle. Anak-anak yang sudah terbiasa dengan mainannya pasti akan merasa tertantang siapa yang lebih cepat menyusunnya.  

Lomba Mengisi Botol dengan Air 

Kalau untuk urusan air, anak-anak pasti suka ya, Moms. Nah, Mom tinggal menyiapkan botol, sendok, dan wadah berisi air. Dengan air yang sudah disediakan, anak-anak bisa berlomba mengisi botolnya dengan air. Siapa yang paling banyak mengisi airnya dalam waktu yang telah ditentukan, dialah pemenangnya. Ini akan membantu anak untuk lebih berkonsentrasi dan teliti saat memasukkan airnya. Seru, kan? 

Lomba Mengupas Telur 

Ternyata kegiatan mengupas telur juga bisa kita masukkan ke perlombaan lho, Moms! Cukup menyediakan telur yang telah direbus, lalu anak-anak harus berlomba siapa yang paling cepat mengupas kulitnya. Nah, setelah itu sebagai hadiahnya bisa dapat telurnya deh.  

Lomba Makan Kerupuk 

Ini klasik banget ya, Moms lombanya. Tapi jangan salah, karena ini ikonik banget lombanya. Jadi, Moms wajib coba di rumah bareng keluarga. 

Lomba Tarik Kain 

Kalau biasanya tarik tambang, buat anak-anak bisa dicoba pakai kain yang ada di rumah, Moms.  Sesuaikan dengan kemampuan menggenggamnya sebesar apa. Jadi, Moms bisa mencari kainnya yang sesuai dengan itu. Bisa pakai gendongan jarik, kerudung pashmina, atau juga selimut. Dijamin seru deh, Moms! 

Jadi, gimana Moms? Sudah siap menyambut HUT RI ke-76 nanti? Selamat mencoba.