Ikan mas atau dalam bahasa latinnya Cyprinus carpio adalah salah satu ikan air tawar yang digemari masyarakat Indonesia. Ikan Mas memiliki tekstur daging berwarna putih yang lembut dan manis. Ikan mas ini memiliki kandungan gizi yang baik ternyata, Moms. Tidak hanya sebagai sumber protein, asam lemak omega 3, dan vitamin, ikan mas juga mengandung mineral yang baik untuk pertumbuhan si Kecil, seperti kalsium, zinc, dan magnesium. 

Nah, seringnya ikan air tawar yang satu ini digoreng garing, tetapi sebenarnya ada masakan ikan mas selain digoreng saja, lho. Ikan mas bisa juga bisa dibuat menjadi masakan berkuah seperti sup bakso ikan mas kuah bening berikut ini. Cocok untuk disantap ketika musim hujan mulai tiba seperti sekarang. 

Bahan: 

300 gram fillet ikan mas yang tidak ada kulit 

1 butir telur 

2 sdm daun bawang iris 

50 gram bunga sedap malam, rendam dan ikat

50 gram jamur kuping 

50 gram tepung sagu 

700 ml air 

Bumbu halus: 

1 sdm bawang putih goreng 

1 sdt lada 

1 sdt kecap asin 

1 sdt jahe halus 

Garam sesuai selera 

Cara membuat: 

  1. Rebus air secukupnya di panci untuk persiapan merebus bakso ikan. 
  2. Masukkan daging fillet ikan mas dan telur ke dalam food processor atau blender, lumatkan. Lalu tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit hingga semua lumat dan tercampur sempurna.
  3. Setelah air mendidih, matikan api kompor. Bentuk adonan menggunakan sendok dan masukkan ke dalam air mendidih tadi. Lakukan hingga semua adonan habis.
  4. Setelah semua adonan masuk, baru nyalakan api kompor kembali, dan rebus hingga semua bakso mengapung ke atas.
  5. Angkat bakso, dan sisihkan.
  6. Rebus 700 ml air, masukkan bumbu halus, jamur kuping, bunga sedap malam, juga bakso ikan tadi. Masak hingga bumbu meresap.
  7. Taburkan irisan daun bawang sesaat sebelum mematikan kompor. Sajikan hangat. 

Mudah bukan membuat masakan ikan mas selain digoreng di atas, Moms. Untuk Moms yang menyukai rasa pedas, bisa ditambahkan sedikit irisan cabai rawit sebelum disajikan. Sup bakso ikan mas ini juga bisa untuk menu si Kecil dengan menyesuaikan takaran garam dan kecap asinnya. Selamat mencoba!