Kulkas, salah satu perlengkapan dapur yang penting karena berfungsi sebagai tempat penyimpanan bahan makanan agar awet dalam jangka waktu yang lama. Kulkas yang bisa menyimpan segala jenis bahan makanan ini tentunya perlu diperhatikan kebersihannya dengan cara dibersihkan secara rutin agar bahan makanan yang disimpan tidak terkontaminasi bakteri jahat dan menghindari bau tidak sedap. Untuk membersihkan kulkas, biasanya diperlukan soda kue atau cuka. 

Berikut cara membersihkan kulkas: 

Kosongkan kulkas 

Langkah pertama untuk membersihkan kulkas adalah dengan mengosongkan isinya. Keluarkan seluruh isi kulkas agar lebih mudah dibersihkan bagian dalamnya. Selain memudahkan proses pembersihan, Moms juga bisa menyortir makanan yang masih layak dimakan atau pun tidak. Buanglah makanan atau minuman yang sudah kedaluwarsa. 

Keluarkan rak 

Setelah tidak ada lagi makanan atau pun minuman yang tersisa di kulkas, keluarkan rak-raknya. Bersihkan rak-rak kulkas agar agar tak ada lagi bakteri yang menempel. 

Pakai larutan cuka 

Moms bisa membersihkan dengan  menggunakan bahan makanan yang umum ditemui di dapur, salah satunya cuka. Cara menggunakan cuka untuk membersihkan kulkas sangatlah mudah. Moms hanya perlu melarutkan cuka dengan air di dalam botol semprot. Kemudian, larutan air cuka itu disemprotkan ke area yang kering dan terdapat kotorannya. Diamkan selama beberapa saat, sampai larutan air cuka itu meresap dan mengangkat kotoran. Setelah itu, basuh dengan kain lembap yang sudah diberi air sebelumnya. Fungsi cuka di sini tak hanya mengangkat kotoran, tapi juga bau tak sedap pada kulkas. 

Bersihkan lubang pembuangan kulkas 

Bersihkan lubang pembuangan menggunakan larutan cuka. Caranya dengan melumuri lubang pembuangan menggunakan cotton bud yang telah ditambahkan larutan cuka. 

Bersihkan karet pintu kulkas 

Cara membersihkan karet pintu kulkas ini menggunakan larutan air cuka. Ambil kain lembut dan bungkus dengan pisau tumpul. Setelah itu celupkan ke dalam larutan air cuka dan usapkan perlahan ke seluruh permukaan karet kulkas untuk menghilangkan kotoran. 

Isi kembali 

Langkah terakhir, isi kembali setelah membersihkan kulkas secara keseluruhan. Moms bisa mengatur isi kulkas yang disesuaikan dengan raknya. 

Note : Untuk bagian freezer agar cepat leleh kembang es nya pakai kipas angin yang diarahkan ke bagian freezer jangan lupa untuk alasi bawah kulkas dengan kain lap ya. Semoga dapat membantu ya Moms.