Menjelang lebaran, ada satu hal yang dinanti-nanti para umat Islam di Indonesia selain meriahnya hari raya tersebut, yakni mudik. Pulang ke kampung halaman atau mudik saat lebaran adalah tradisi yang tidak pernah ditinggalkan orang Indonesia bahkan ketika pandemi melanda. Nah, apakah Moms sekeluarga juga akan mudik lebaran tahun ini? Yuk disimak beberapa persiapan mudik lebaran berikut ini. 

Jaga Kondisi Fisik Sekeluarga 

Mudik tidak hanya memakan waktu dan biaya, namun juga energi yang tidak sedikit. Oleh sebab itu penting bagi Moms sekeluarga untuk menjaga kondisi fisik menjelang berangkat mudik. Penuhi kebutuhan gizi harian, dan konsumsi asupan suplemen vitamin dan mineral jika dirasa perlu. Tidak hanya nutrisi, pastikan kebutuhan tidur dan olahraga ringan tetap dilakukan, supaya tetap bugar menjelang keberangkatan. Sebaiknya, kurangi juga aktivitas berkumpul dan berkerumun menjelang mudik untuk mengurangi risiko paparan virus COVID19. 

Cek Aturan Terbaru 

Aturan terkait mudik lebaran dari pemerintah seringkali berubah-ubah dalam hitungan hari saja. Pastikan sebelum tanggal keberangkatan Moms mengecek semua aturan dan persyaratan terbaru yang dikeluarkan pemerintah terkait mudik saat pandemi ini. 

Persiapan Tas 

Terutama untuk Moms yang berencana mudik cukup lama di kampung halaman, penting untuk menyiapkan tas yang akan dibawa sedini mungkin. Buat daftar perlengkapan si Kecil yang mungkin akan Moms butuhkan di sana nanti. Terlebih untuk Moms dan si Kecil yang sedang MPASI, pastikan peralatan ‘tempur’ dibawa jika di tempat tujuan nanti tidak tersedia. Tidak perlu membawa pakaian terlalu banyak, tetapi perintilan-perintilan si Kecil yang mungkin akan sulit ditemukan di kampung halaman pastikan Moms masukkan juga. Perhatikan juga cuaca di tempat tujuan saat mengemasi pakaian sekeluarga ya, Moms. 

Menyiapkan Bekal 

Saat musim mudik lebaran, lalu lintas baik darat maupun udara seringkali menjadi sangat padat sehingga hampir selalu mengakibatkan keterlambatan dan penambahan waktu di perjalanan. Maka dari itu, membawa bekal terutama untuk si kecil adalah hal yang wajib Moms siapkan. Tidak hanya bekal makan berat dan minuman, camilan dan bekal obat-obatan serta suplemen si kecil pun jangan sampai ketinggalan. Pastikan juga Moms membawa bekal pertolongan pertama seperti plester luka, dll.

Nah itu dia beberapa persiapan mudik lebaran yang bisa Moms terapkan ya! Semoga aman dan lancar!