Beberapa waktu lalu, jagad maya sempat dihebohkan oleh utas seorang pembeli minuman teh dari sebuah franchise minuman teh populer. Dalam utas tersebut si pembeli mengeluhkan tentang betapa manis dan tingginya kandungan gula dalam minuman teh yang dia beli. Unggahan tersebut memang berakhir ricuh dikarenakan pemilik gerai membawanya ke ranah hukum, tetapi ada kesadaran baru yang mulai timbul akibat viralnya hal tersebut. Yaitu tentang kandungan gula dalam berbagai minuman kekinian. 

Tidak bisa kita pungkiri bahwa konsumsi minuman manis adalah bagian yang lekat dari kehidupan orang Indonesia. Bahkan, menurut informasi dari laman Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada pada tahun 2020, Indonesia berada di posisi ketiga dalam konsumsi minuman berpemanis di Asia Tenggara, dengan jumlah konsumsinya sebanyak 20,23 liter/orang/tahun. Wow sekali ya, Moms. 

Padahal, tahukah Moms, konsumsi gula berlebih tidak hanya berkontribusi pada obesitas, tetapi juga berbagai penyakit metabolisme dan karies pada gigi. Makanya, tidak heran, WHO sendiri menyarankan baik orang dewasa maupun anak-anak untuk membatasi konsumsi gula mereka. Nah, tapi bukan berarti, Moms dan si kecil jadi tidak bisa menikmati minuman-minuman yang rasanya enak lho, Moms. ada banyak pilihan minuman enak rendah gula yang bisa jadi alternatif. Contohnya saja beberapa minuman berikut ini. 

Coconut water kefir 

Pernahkah Moms mencoba coconut water kefir? Minuman fermentasi ini rasanya manis dan bersoda seperti minuman soda populer yang warnanya bening. Coconut water kefir ini rendah gula karena rasa manisnya datang dari air kelapa. Tidak hanya nikmat, minuman ini juga baik untuk kesehatan saluran cerna karena kaya probiotik. 

Infused water 

Minuman enak rendah gula berikutnya adalah infused water, yaitu air rendaman buah atau sayuran atau rempah yang dibiarkan selama minimal 4 jam. Infused water adalah cara menyenangkan untuk rehidrasi tubuh karena rasanya yang segar dan tambahan vitamin dan mineral yang cocok untuk si kecil yang sulit diminta minum air biasa. 

Lemonade 

Jika lemonade biasanya dibuat dengan mencampurkan air dengan jus lemon dan gula pasir, Moms bisa mengganti gulanya dengan madu sebagai alternatif yang lebih sehat. Itu dia beberapa alternatif minuman enak rendah gula. Tubuh manusia memang butuh asupan gula, tetapi WHO menyarankan sebaiknya tidak mengonsumsi gula tambahan lebih dari 6 sdt (25 gr) sehari. Nah, sudah konsumsi berapa gr gula tambahan hari ini, Moms?