Punya nasi sisa di magic com ? Eitsss jangan buru-buru dibuang, Moms. Masih bisa dimanfaatkan kok, diolah menjadi bubur ayam. Makanan favorit banyak orang ini biasa dijadikan sebagai menu sarapan karena mengenyangkan dan bergizi. 

Namun banyak kita yang menganggap ribet untuk membuatnya sendiri dan lebih memilih beli jadi. Padahal ada cara yang mudah dan murah untuk membuat bubur ayam. Cukup menggunakan magic com, Moms sudah mendapatkan bubur ayam yang enak. Yuk, disimak resepnya ya, Moms. 

Resep Bubur Ayam Magic Com 

Bahan bubur: 

3 centong nasi sisa 

2 lembar daun salam 

65 ml santan instan 

500 ml air 

Sejumput garam

Kuah kuning:

5 siung bawang merah 

3 siung bawang putih 

2 buah kemiri 

2 ruas kunyit 

1 batang sereh 

2 lembar daun jeruk 

200 ml santan instan 

1 liter air 

Ayam

Garam 

Topping :

Bawang goreng 

Ayam suwir 

Kacang kedelai

Daun bawang 

Sambal kecap 

Krupuk 

Cara membuat: 

  1. Campur semua bahan bubur lalu hidupkan magicom mode masak 
  2. Sambil menunggu bubur jadi, siapkan  bahan kuah kuningnya. Uleg halus bumbu kecuali daun jeruk dan sereh. Tumis hingga harum, masukkan sereh dan daun jeruk, masukkan air dan ayam. 
  3. Jika ayam sudah berubah warna atau matang, angkat dan sisihkan. Tambahkan santan dan masak hingga mendidih. 
  4. Untuk sambal, pakai metode kira-kira saja. Rebus cabe merah besar, cabe rawit merah dan cabe keriting. Kemudian diblender dan tumis dengan sedikit minyak hingga matang (sambal di masak agar lebih tahan lama).
  5. Sajikan bubur ayam dengan aneka topping dan kuah, sambal dan kerupuk agar lebih nikmat. 

Selain mengenyangkan karena tinggi karbohidrat, bubur ayam juga memiliki kandungan kalsium dan fosfor. Keduanya bermanfaat untuk kesehatan tulang. Menu sarapan ini juga mengandung zat besi dan vitamin B komplek.  

Bubur ayam bisa jadi menu diet yang enak. Karena menyerap rasa dari bahan makanan lain yang dicampurkan. Dengan begitu kombinasi makanan diet bisa lebih bervariasi. Bagi Moms yang sedang kurang enak badan, makan bubur ayam bisa mempercepat proses kesembuhan  karena makanan ini membantu meningkatkan daya tahan tubuh.