Bubur ayam adalah salah satu makanan yang digemari masyarakat Indonesia dari berbagai usia. Makanya tidak heran penjual bubur ayam bisa kita temukan hampir di setiap kota di Indonesia. 

Membuat bubur ayam sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya saja membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan ketelatenan. Nah, tapi saya punya resep bubur ayam rumahan anti ribet yang bisa Moms coba. Resep ini saya dapatkan teman saya @mimelinda yang juga mendapatkan resepnya dari ibu mertuanya. Tidak perlu berlama-lama, dicatat resepnya, Moms! 

Bahan: 

2 cangkir beras

1 cangkir tulang ayam yang masih ada daging ayamnya menempel sedikit

5 ceker ayam 

Garam sesuai selera 

Kaldu bubuk sesuai selera (opsional) 

2 siung bawang putih, geprek, cacah, lalu tumis hingga kecoklatan dengan sedikit minyak. 

4 cangkir air 

Cara Membuat: 

Kaldu dari tulang dan ceker ayam adalah kunci dari gurihnya resep bubur tersebut. Sebenarnya bisa saja jika Moms ingin membuat kaldu lebih dulu lalu memasak buburnya menggunakan air kaldu. Tapi itu tentunya akan memakan lebih banyak langkah dan waktu. Untuk pilihan toppingnya, Moms bisa menggunakan suwiran daging ayam, irisan daun bawang, dan juga cakwe. Jahe yang diiris julienne juga nikmat ditambahkan sebagai topping lo, Moms! 

Saat bubur setengah jadi, Moms juga bisa memasukkan potongan wortel ke dalam penanak nasi untuk tambahan sayur agar bubur ini semakin lengkap gizinya. Sate telur puyuh rebus bisa jadi opsi lezat lain sebagai teman makan bubur ayam rumahan ini. 

Bubur ayam tidak hanya jadi makanan lezat yang bisa dikonsumsi sekeluarga, tetapi juga makanan lembut yang cocok untuk si kecil yang mungkin masih MPASI atau sedang tidak enak badan. Teksturnya yang lunak dan kaldu ayam yang penuh gizi lembut untuk indera perasa dan pencernaan si Kecil. Bagaimana? Tidak sulit bukan Moms resep bubur ayam rumahan di atas. Selamat mencoba!