Tahukah Moms, Indonesia merupakan salah satu negara produsen singkong terbesar di Indonesia? Makanya tidak heran ya, ada banyak sekali makanan tradisional Indonesia yang berbahan dasar singkong, baik yang manis maupun yang gurih. 

Walau bagi sebagian orang, mengonsumsi singkong tidak terasa keren dan modern, singkong merupakan sumber pati resisten dan juga mengandung protein serta vitamin dan mineral. Pati resisten yang terkandung dalam singkong dapat memberi ‘makanan’ bagi bakteri baik dalam usus sehingga baik untuk kesehatan saluran cerna dan bisa menurunkan inflamasi dalam tubuh. 

Tidak hanya pati atau karbohidrat, singkong juga kaya vitamin C lo, Moms! Dalam 100 gr singkong terkandung vitamin C yang sudah memenuhi 20% kebutuhan gizi harian dewasa. Vitamin C memainkan peran dalam imunitas tubuh dan juga sebagai antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Wah, ternyata singkong punya nilai gizi yang tinggi ya, Moms. Nah, biar tidak melulu dijadikan gorengan, Moms bisa coba cara mengolah singkong jadi camilan yang disebut lapek dari Sumatera Barat berikut ini. 

Resep Lapek Singkong Pisang

Bahan:

400 gram singkong parut 

2 buah pisang ambon yang matang agar manis 

3 sdm gula aren atau gula kelapa 

100 gram kelapa parut 

½ sdt garam 

¼ sdt vanila 

2 lembar daun pisang 

Cara membuat: 

Lapek singkong pisang ini rasanya manis dan gurih, cocok dijadikan camilan sore bersama anak-anak. Selain mengenyangkan dan bergizi, camilan ini juga sehat karena tidak mengandung gula rafinasi ataupun aditif lainnya. Jika tidak habis, olahan singkong yang satu ini bisa disimpan di kulkas dan dihangatkan kembali sebelum disajikan ulang. 

Nah itu dia salah satu cara mengolah singkong jadi camilan yang bisa Moms coba di rumah. Membuatnya bersama anak juga bisa jadi aktivitas menyenangkan.  Si kecil bisa Moms mintai tolong untuk mengaduk adonan atau ketika membungkus adonan dengan daun pisang yang bisa sekaligus melatih motorik halus si buah hati. Selamat Mencoba, Moms!