Makanan penutup apa yang digemari anak-anak terutama pada saat cuaca sedang panas terik? Ya, betul, es krim. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun banyak menggemari es krim. Namun, seperti yang Moms tahu, kebanyakan es krim yang ada di pasaran mengandung tinggi sekali gula dan bermacam aditif makanan yang tidak baik dikonsumsi secara rutin. 

Nah, tidak perlu bingung Moms, bukan berarti si Kecil tidak bisa menikmati es krim yang sehat. Moms bisa kok membuat es krim rumahan sederhana hanya dengan 2 bahan saja: pisang dan santan! Tidak percaya? Mari disimak cara membuatnya berikut ini. 

Es Krim Pisang Santan 

Bahan :

4 cangkir pisang beku 

¼ cangkir krim santan kental 

Cara membuat: 

1. Masukkan pisang ke dalam food processor. Lumatkan pelan-pelan hingga tampak seperti gumpalan pasir. 

2.Tambahkan krim santan dan lumatkan secara perlahan hingga teksturnya tampak creamy dan mulus. 

3. Langsung sajikan. 

Sangat mudah dan sederhana bukan cara membuat es krim pisang santan di atas, Moms? Untuk rasa yang legit, pilih pisang yang sudah banyak bintik hitamnya sebelum dibekukan di lemari es. Jika masih dirasa kurang manis, Moms bisa menambahkan madu setelah menambahkan krim santan di food processor. Jangan lupa, penambahan madu hanya untuk si Kecil yang sudah berumur di atas 1 tahun ya, Moms. 

Untuk membuat krim santan, Moms bisa menuang santan kental segar ke dalam gelas tinggi dan memasukkannya ke kulkas. Setelah beberapa waktu, nanti bagian krim dan airnya akan memisah. Ambil bagian krim yang menumpuk di bagian atas secara perlahan dan pindahkan ke wadah lain. 

Es krim pisang santan ini bisa menjadi makanan penutup atau camilan mengenyangkan untuk si kecil. Pisang mengandung karbohidrat dan bisa jadi sumber energi bagi si kecil. Selain itu kandungan prebiotik yang dimiliki pisang juga baik untuk kesehatan pencernaan karena bisa menjadi makanan bagi probiotik yang hidup di saluran cerna. Apakah Moms tahu, pisang juga kaya vitamin B6 yang baik untuk perkembangan otak anak-anak! Buah berkulit kuning ini juga mengandung vitamin C, magnesium, dan vitamin A lo, Moms. Selamat mencoba, Moms!