Buat bit merupakan salah satu sumber nabati yang baik. Mengutip artikel yang dipublikasikan oleh University of Wisconsin – Madison,  ternyata bit adalah salah satu makanan dengan kandungan asam folat tertinggi. Oleh karena itu, banyak Moms yang ingin mengonsumsinya. Namun rasanya yang kurang sedap membuat orang mencari cara untuk mengolahnya agar rasanya enak.

Beberapa manfaat buah bit untuk kesehatan tersebut yakni seperti: 

Akar bit merah juga bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Selain dijadikan jus, keripik atau puree, ada beragam cara unik untuk mengonsumsi buah bit, lho, di antaranya : 

Salad bit 

Cukup iris tipis atau serut buah bit. Sebagai sausnya, bisa menggunakan yogurt tanpa lemak. Setelahnya, tambahi juga dengan cuka dan sejumput rempah segar.  

Kari buah khas India 

Untuk mengolahnya, cukup siapkan buah bit panggang, pasta wijen tahini, serbuk bawang putih, dan lemon. Tumbuk semuanya lalu bumbui secukupnya dan campur hingga merata. Masak bumbu-bumbu tersebut di dalam olahan kari ayam atau daging.   

Teh buah bit 

Buah bit memiliki cita rasa yang unik dan bebas kafein, sehingga ibu hamil bisa menikmati manfaat buah bit. Berikut cara mudah mengolah buah bit sebagai teh, yakni: 

Acar buah bit 

Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat acar buah bit meliputi: 

6-7 buah bit kecil 

Setengah cangkir gula 

¼ cangkir cuka putih 

½ sendok teh merica hitam 

¼ sendok teh garam 

2 lembar daun salam 

Untuk tahapan cara mengolahnya pun praktis. Pastikan buah bit telah dibersihkan dan direbus selama 45 menit sampai empuk. Setelah itu, rebus semua bahan-bahan di atas agar menyerap ke dalamnya. Setelah direndam, acar buah bit bisa langsung disantap!   

Nasi casserole buah bit 

Untuk bahan-bahannya, cukup sediakan beberapa hal berikut, yakni: 

Irisan buah bit yang sudah dimasak 

Nasi merah matang 

1 siung bawang putih (opsional) 

Ayam suwir matang 

Kaldu ayam 

Susu atau yogurt 

Kuning telur 

Untuk cara pembuatannya, bisa langsung mencampur semua bahan ke dalam wadah, lalu oleskan minyak zaitun dalam cetakan casserole secara merata. Lalu panggang campuran bahan selama satu jam pada suhu 170°Celsius.  

Sup buah bit yang lembut 

Rebus buah bit hingga matang, lalu diamkan sejenak hingga uapnya hilang. Kemudian, haluskan menggunakan blender atau food processor, lalu saring dan sajikan selagi hangat.  

Bolu bit 

Ini bisa menjadi resep alternatif jika Moms bosan dengan brownies kukus pada umumnya. Untuk bahan yang dibutuhkan, Moms bisa menyiapkan buah bit merah, gula, garam, serta oven sebagai panggangan.   

Daging burger 

Bagi vegan atau pun vegetarian, ini cocok sebagai menu pengolahan buah bit yang sehat. Sedang mengurangi makan daging? Cobalah untuk menggantikan daging dalam sajian burger dengan buah bit.   Nah selamat mencoba, Moms.