Pisang merupakan salah satu buah yang banyak disenangi anak-anak, karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis. Tahukah Moms, buah tropis yang satu ini tidak hanya lezat, namun juga kaya gizi. Pisang mengandung vitamin B6, mangan, potasium, magnesium, vitamin C, dan juga kaya serat.

Ada banyak jenis pisang yang bisa Moms temui baik di supermarket atau pun pasar tradisional, seperti pisang cavendish, pisang raja, pisang ambon, pisang mas, pisang tanduk, pisang uli, atau pisang kepok. Setiap jenis pisang ini memiliki tekstur dan rasa yang berbeda-beda.

Selain dikonsumsi secara langsung, pisang bisa diolah menjadi berbagai panganan dengan cita rasa yang beragam. Nah, biar si kecil merasakan variasi makan pisang, bisa nih Moms mencoba membuat modifikasi olahan pisang dari Sulawesi Selatan berikut ini. 

Resep Pisang Barongko Modifikasi

Bahan:

3 butir telor 

6 buah pisang kepok 

1 sdm flaxmeal 

2 sdm gula kelapa 

2 wortel baby 

250 ml santan kental 

1 gr garam 

1 gr kayu manis bubuk 

Daun pisang (opsional) 

Cara Membuat: 

1. Potong-potong wortel dalam ukuran besar. 

2. Masukkan semua bahan ke dalam blender. Lumatkan sampai halus. 

3. Tuang adonan ke dalam wadah tahan panas atau ke dalam potongan daun pisang yang nantinya akan dilipat-lipat seperti pepes. 

4. Kukus adonan selama kurang lebih 30 menit. 

5. Sajikan hangat atau dingin sesuai selera.

Resep asli pisang barongko tidak memakai wortel dan flaxmeal. Pada resep ini saya modifikasi sedikit agar si Kecil bisa mendapatkan tambahan serat dan vitamin dari wortel dan tambahan protein dari flaxmeal. Moms bisa menghilangkan wortel dan flaxmeal jika tidak menginginkannya. 

Gula pada resep ini bisa dihilangkan jika akan disajikan untuk bayi MPASI. Supaya tetap manis, Moms bisa memilih pisang yang sudah sangat matang sehingga rasa manisnya bisa datang dari pisang saja. Pisang barongko ini rasanya manis dan lumer di mulut, jadi pas sebagai camilan mengenyangkan untuk bayi yang masih kecil sekalipun. Jika Moms menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya, wangi daun pisang akan memperkaya pengalaman cita rasa mengonsumsi panganan tradisional ini. Selamat mencoba membuat olahan pisang, Moms!

^IK