Salah satu tren gaya hidup sehat yang akhir-akhir ini mulai marak dikampanyekan adalah membuat jus. Jus adalah ekstrak buah dan sayuran yang didapat dari mesin juicer yang memisahkan antara partikel padat buah dan sayuran dengan kandungan cairannya. 

Proses pembuatan jus diklaim dapat memberikan kebaikan vitamin dan mineral serta enzim pada buah dan sayuran secara utuh dalam jumlah yang lebih banyak karena berupa ekstrak. 

Ada dua jenis tipe mesin jus yaitu  cold-pressed dan sentrifugal. Pada mesin sentrifugal, mesin jus memotong bagian daging buah dan sayuran dengan pisau berkecepatan tinggi yang akan memisahkan kandungan cairan dengan ampasnya. 

Tipe kedua yaitu cold-pressed. Mesin jus tipe ini bekerja dengan cara menghancurkan dan memeras daging buah dan sayuran secara perlahan agar cairannya keluar sebanyak mungkin. Cara ini diklaim lebih banyak mempertahankan nutrisi dan gizi buah dan sayuran, walau begitu sebenarnya kandungan gizi keduanya tidak jauh berbeda. 

Buat Moms dan si Kecil yang susah makan buah dan sayur, minum jus terutama saat sakit, bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian. Moms bisa coba resep jus dari dr. Axe berikut ini yang kaya kandungan anti inflamasi yang baik untuk pemulihan. 

Bahan: 

4 batang seledri 

½ timun 

1 cangkir nanas

½ buah apel hijau 

1 cangkir bayam 

1 buah lemon 

1 bonggol jahe 

Cara membuat: 

Cuci semua bahan hingga bersih. Kukus sebentar bayam. Masukkan semua bahan ke dalam juicer. Aduk hasil perasannya dengan lembut sebelum diminum. 

Resep di atas ini cocok untuk Moms dan si Kecil yang mulai merasa tidak enak badan dan merasakan gejala-gejala flu. Apel hijau dan nanas di dalamnya mengandung quercetin yang merupakan antihistamin dan anti inflamasi alami yang bisa meredakan gejala-gejala alergi seperti hidung meler. 

Jahe juga merupakan rempah yang mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang bisa meredakan gejala-gejala peradangan dan gangguan pencernaan. Namun, kalau lambungnya tidak kuat, Moms bisa menghilangkan jahe dari resep di atas. 

Selamat mencoba Moms. Apakah Moms punya resep pressed-juice favorit? Bagi di kolom komentar, ya!