Lidah buaya mengandung banyak vitamin (termasuk vitamin A, C, E, B12), asam amino esensial, asam lemak, serta mineral tembaga dan zinc.

Berkat berbagai kandungan baik tersebut, tak heran bila banyak manfaat aloe vera untuk rambut yang bisa didapatkan. Mulai dari mengatasi rasa gatal, memperkuat helai rambut, hingga menambah kilau rambut. Mari simak penjelasan selengkapnya mengenai manfaat lidah buaya untuk rambut di bawah ini.

1. Mengurangi rasa gatal di kulit kepala 

Rasa gatal di area kulit kepala dikarenakan kondisi dermatitis seboroik atau yang lebih dikenal dengan ketombe.  Peradangan tersebut bisa dikurangi dengan lidah buaya. Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Dermatological Treatment menemukan bahwa jenis tanaman ini memiliki kandungan asam lemak bersifat antiradang yang mampu membuat kondisi kulit kepala terasa lebih baik.

2. Memperbaiki rambut rusak 

Moms bisa merawat rambut rusak dengan mengoleskan lidah buaya. Kandungan vitamin dan kolagen yang tinggi dalam lidah buaya diyakini dapat memperbaiki rambut rusak dan membuatnya terasa lembap.

3. Mengatasi rambut berminyak 

Rambut berminyak bisa terjadi akibat produksi minyak berlebih di kulit kepala serta sisa-sisa produk perawatan rambut yang Moms gunakan. Dengan mengoleskan lidah buaya ke rambut, produksi minyak berlebih pada rambut dapat dikendalikan.

4. Memperkuat rambut 

Kandungan vitamin A, C, E, B12, asam folat, dan kolin dalam lidah buaya berperan dalam menutrisi dan memperkuat sel-sel rambut. 

5. Merangsang pertumbuhan rambut 

Manfaat lidah buaya lainnya adalah merangsang tumbuhnya rambut agar lebih lebat. Mengggunakan lidah buaya untuk rambut dan kulit kepala secara rutin bisa meningkatkan aliran darah pada kulit kepala. Fungsi lidah buaya untuk rambut inilah yang dapat membantu dalam mempercepat pertumbuhan rambut. 

6. Mengatasi rambut kering 

Mengatasi rambut kering juga menjadi manfaat lidah buaya untuk rambut. Hal ini karena aloe vera merupakan pelembap alami yang senantiasa membuat kulit kepala dan rambut menjadi lembap. 

 7.Memperbaiki rambut bercabang 

Lidah buaya dipercaya mampu memperbaiki ujung rambut bercabang. Kandungan enzim proteolitik pada aloe vera dapat mengangkat sel-sel mati di kulit kepala sehingga mendorong pertumbuhan rambut yang sehat. Moms bisa mengoleskan lidah buaya pada rambut sebagai kondisioner atau masker rambut alami. Pastikan untuk membilas rambut setelah menggunakannya ya, Moms.. 

Berikut cara membuat masker lidah buaya:

Bahan :

 4 sdm gel aloe vera 

2 sdm teh cuka apel 

1 sdt madu 

Cara membuat: Setelah semua bahan dicampur dan diaduk sampai merata, oleskan pada kulit kepala.  Diamkan selama 20 menit, lalu cuci rambut seperti biasa. Gunakan masker lidah buaya untuk rambut ini secara rutin setiap minggu. Bagi Moms yang ingin merasakan sejumlah khasiat lidah buaya untuk rambut di atas, tak ada salahnya untuk mencoba di rumah.

Baca Juga :Manfaat Minyak Kayu Putih yang Jarang Diketahui, Simak!