Tahukah Moms, kualitas tidur berkorelasi langsung dengan performa otak, suasana hati, dan kesehatan? Tidak hanya itu, menurut laman CDC, kekurangan tidur berhubungan dengan penyakit diabetes, penyakit kardiovaskular, obesitas, dan depresi. Wah, ternyata tidur sepenting itu ya, Moms. 

Tapi, bagaimana ya cara membuat tidur berkualitas? Dikutip dari laman CDC, salah satu cara untuk mendapatkan tidur yang berkualitas adalah dengan menerapkan sleep hygiene. 

Apa itu sleep hygiene?  Ini adalah sekumpulan kebiasaan baik yang bisa membantu Moms untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Apa saja kebiasaan tersebut? Simak ulasannya di bawah ini. 

Konsisten 

Usahakan untuk pergi tidur pada jam yang sama dan bangun pada jam yang sama setiap harinya Moms, meskipun pada akhir pekan. Hal ini akan membantu tubuh mengatur jam biologis dan metabolisme tubuh lebih baik. 

Atur suasana kamar 

Untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, atur suasana kamar untuk gelap, menenangkan, dan memiliki suhu ruangan yang nyaman. Kegelapan akan membantu tubuh untuk memproduksi melatonin, hormon yang dikeluarkan tubuh untuk membantu Moms terlelap. 

Singkirkan elektronik 

Cahaya dan gelombang elektromagnetik yang yang dipancarkan alat-alat elektronik bisa mengganggu kualitas tidur lho, Moms. Makanya, The National Sleep Foundation menganjurkan untuk berhenti menggunakan alat elektronik seperti ponsel, paling tidak 30 menit sebelum tidur. 

Atur jam makan 

Agar tubuh bisa bersiap untuk tidur, jangan makan makanan berat mendekati jam tidur, Moms. Sebab, jika Moms makan terlalu dekat dengan jam tidur, tubuh masih berusaha mencerna makanan sehingga bisa membuat Moms susah tidur. Hindari juga mengonsumsi alkohol dan makanan dan minuman yang mengandung kafein ya, Moms. Kafein membuat kita makin terjaga dan sulit tidur. 

Olahraga 

Nah, cara membuat tidur berkualitas yang satu ini juga sangat berpengaruh, Moms. Ketika Moms aktif pada siang hari, hal ini akan membantu Moms untuk lebih cepat terlelap pada malam harinya. Olahraga juga mengurangi risiko obesitas yang biasanya berkontribusi pada terjadinya sleep apnea, sebuah kondisi di mana pernapasan seseorang terganggu dengan adanya periode henti napas secara berulang pada saat tidur. 

Itu dia cara membuat tidur berkualitas dengan membangun sleep hygiene yang baik. Semoga bermanfaat.