Melihat serangga masuk ke rumah? Ihhhss… menyebalkan ya Moms… Seperti lalat misalnya bisa nemplok di area sampah yang kotor, lalu menghinggapi makanan. Melaihatnya saja sudah membuat perut Moms mulas. Apalagi sampai dia menghonggapi makanan si Kecil. 

Begitu pun nyamuk. Denging suaranya yang mengganggu, dan gigitannya membuat gatal. Masih bagus jika nyamuk kebun. Bagaimana jika nyamuk demam berdarah? Waduhh.. keluarga Moms bisa terancam terkena DBD. 

Memang ada cara mudah untuk mengusir serangga, yaitu dengan menyemprotkan semprotan pembasmi serangga.  Sayangnya… bagaimanapun semprotan ini mengandung pestisida, bahan kimia yang bukan hanya membunuh serangga, juga bisa jadi meracuni tubuh Moms dan keluarga. Dan, penggunaan berlebihan bisa merusak ekosistem. 

Jadi, kenapa Moms tidak mencoba dengan cara yang lebih ramah lingkungan? Ternyata, ada tanaman rumah yang bisa membantu Moms membasmi serangga, atau setidaknya membuat serangga enggan masuk rumah. Penasaran? Coba cek jenis tanaman ini. 

Kemangi

Kemangi memiliki reputasi yang baik untuk mengusir nyamuk, lalat buah, agas, dan lalat rumah. Moms bisa menumbuhkan kemang ini di pot atau di tanam di luar ruang. Nah, ketika Moms memasak ayam geprek, Moms bisa mengambil beberapa lembar daun kemangi ini. Dijamin rasanya makin mantap!

Lavender

Tanaman lavender sudah dikenal sejak lama sebagai tanaman anti nyamuk. Tapi, ternyata bukan hanya nyamuk yang takluk dengan lavender. Serangga kutu busuk, lalat, kutu, ngengat, kumbang, kecoak, dan banyak hama lainnya juga takluk dengan tanaman ini.  Bonus lainnya, tanaman ini menebarkan aroma yang luar biasa dan menenangkan. Tapi, jika keluarga Moms ada yang menderita alergi serbuk sari, Moms harus menempatkan tanaman lavender ini di luar rumah.

Sage

Tanaman lain dalam  memerangi binatang terbang dan merayap yang mengganggu adalah daun sage. Dengan hanya menumbuhkan tanaman sage ini di seputar rumah, sudah bisa membuat para serangga itu gentar. 

Cara lain, Moms dapat membakar daun sage kering atau membungkusnya dalam kantong kain atau jaring halus untuk mengusir serangga jenis gegat dan ngengat. Nah, jika Moms penggemar masakan ala Eropa, daun sage ini menjadi bahan penting bagi kebanyakan masakan Eropa. 

Rosemary

Wanginya tanaman Rosemary sangat menenangkan, Tapi tidak bagi para serangga. Mereka membencinya. Sehingga ogah memasuki area rumah Moms. Dan, daun ini  menjadi bumbu peningkat rasa bila Moms melakukan marinasi ayam panggang dan saat memasak steak daging.

Marigold

Marigold merupakan salah satu bunga dengan bentuk yang cantik. Tapi, bak killer lady, aroma yang kuat dari bunga ini membuat para serangga menyerah. Tikus pun merasa segan juga dengan tanaman ini. 

Jadi, untuk mempercantik rumah, sekaligus mengusir serangga, coba Moms tanam bunga ini dalam pot kotak, Tempatkan di dekat pintu atau di kotak jendela untuk mencegah serangga masuk. 

Catnip

Moms mungkin tidak menyadari tanaman ini banyak tumbuh di semak-semak dekat  rumah. Tanaman yang dikenal sebagai daun anting anting ini dapat mengusir nyamuk, kutu, kutu busuk, dan terutama kecoak. 

Seperti namanya, daun ini disukai kucing. Aromanya, terutama bagian akar, membuat kucing merasa nyaman. Bagi penggemar kucing ini keuntungan ganda. Tapi, bagi Moms yang bukan penyuka kucing, ya, siap-siap kucing rajin ke halaman rumah. 

Krisan

Bunga krisan ini memiliki beberapa jenis warna yang cantik. Indah sekali  bila melihatnya bermekaran. Keuntungan lainnya, tanaman ini memberikan ‘pukulan yang kuat’ terhadap beragam serangga. Korban tanaman ini, antara lain semut, kecoak,  gegat, dan beberapa jenis kutu. 

Serai

Wangi serai enak banget ya Moms….  Serai pun bumbu yang sering Moms butuhkan saat memasak. Dan, bila terkait serangga, serai ini sangat bagus untuk mengusir berbagai serangga, seperti lalat, kutu, semut, agas, dan tentu saja, nyamuk. 

Nyamuk tak berdaya dengan tanaman ini karena serai menghasilkan minyak esensial yang ditemukan di batang dan daun. Minyak itu adalah bahan aktif yang digunakan di sebagian besar lilin, semprotan, dan losion pengusir nyamuk.

Jadi, tanamlah pohon serai dalam  pot. Lalu, letakkan di dekat pintu atau jendela untuk mengusir serangga mampir ke dalam rumah.

Kantong semar

Tanaman disebut kantong semar, karena ini memilki kantong yang menggelembung. Layaknya perut tokok pewayangan, Semar. Kantong ini sesungguhnya seperti belanga kematian bagi para serangga. Tumbuhan ini tergolong karnivora. Tidak berbahaya bagi manusia, tapi serangga sering menjadi korbannya.

Kantong ini mengeluarkan bau amis yang memancing serangga mendekatinya. Lalat adalah serangga yang paling mudah terpancing. Begitu serangga hinggap di kantong, maka bisa menjadi saat-saat terakhir kehidupannya. Serangga ini akan tergelincir ke dalamnya, dan sulit ke luar karena ini ada serabut-serabut halus yang menghalangi. 

Jadi, daripada moms membeli perangkap lalat yang lem bisa mengotori rumah atau semprotan pembasmi serangga, lebih baik Moms beli tanaman seperti di atas. Rumah Moms jadi cantik dan bebas serangga.  Segera tanam ya Moms…

^IK