Tak semua keluarga memiliki kerabat dekat atau pun asisten yang bisa diandalkan untuk membantu merawat sang buah hati kala Moms dan Dads bekerja di kantor. Dalam kondisi seperti ini, menitipkan si kecil di day care seringkali menjadi solusi ideal bagi pasangan suami istri yang memiliki anak berusia balita. 

Masalahnya, memilih day care yang mampu memenuhi kebutuhan anak dan sesuai dengan harapan orang tua tidaklah semudah membalik telapak tangan. Apa saja yang perlu dipertimbangkan sebelum memiih day care untuk si Kecil?

Jarak day care dengan tempat kerja

Lokasi day care yang dekat dengan tempat kerja akan memudahkan Moms dan Dads memantau kondisi si Kecil di sela-sela waktu kerja. Kemudahan akses menuju day care juga amat penting agar perjalanan mengantar-jemput anak setiap hari bisa dilakukan dengan mudah dan hemat waktu. 

Selain mengukur jarak day care dari kantor, pertimbangkan pula rute yang dilalui untuk menuju ke sana, apakah sering macet pada jam-jam tertentu, bisa dilalui oleh kendaraan umum atau tidak, masuk ke dalam kawasan pemberlakuan aturan ganjil-genap atau tidak, dan faktor lain yang bisa mempengaruhi perjalanan Moms dan Dads menuju ke sana. 

Rasio jumlah pengasuh dan anak 

Saat Moms mengumpulkan informasi tentang beberapa alternatif day care, jangan lupa tanyakan rasio jumlah antara pengasuh dan anak di day care tersebut. Idealnya, 1 pengasuh bertugas merawat 2-3 anak yang masih berusia di bawah 1 tahun. Anak dalam rentang usia tersebut masih terbilang rentan dan perlu mendapatkan perhatian penuh sepanjang waktu. Rasionya bisa berubah pada anak-anak yang umurnya sudah lebih besar.

Kualitas interaksi antara pengasuh dan anak

Selain menghitung perbandingan antara jumlah pengasuh dan anak, amati pula kualitas interaksi antara pengasuh di day care dengan anak-anak yang dititipkan di sana. Perhatikan apakah komunikasi antara pengasuh dan anak-anak berjalan lancar dan bagaimana sikap anak-anak ketika berada di dekat pengasuhnya

Idealnya, pengasuh day care mampu membuat anak-anak yang dititipkan di tempat tersebut merasa aman dan nyaman sehingga bisa meminimalisir kendala yang muncul saat si Kecil sedang berjauhan dengan Moms dan Dads. 

Pastikan legalitas lembaga day care

Agar merasa lebih tenang saat meninggalkan anak di day care, ada baiknya bila Moms memilih day care yang profesional dan sudah memegang izin usaha. Dengan demikian, keamanan anak selama berada di sana lebih terjaga dan lebih dapat dipertangungjawabkan. Selain izin usaha, pastikan pula staf pengasuh telah mendapatkan pelatihan yang diperlukan dalam menekuni profesinya. 

Gali informasi dari orang tua lain

Informasi dan pendapat dari orang tua lain bisa menjadi referensi dan bahan pertimbangan sebelum Moms dan Dads menjatuhkan pilihan pada salah satu lembaga day care. Meskipun tidak semua orang tua memiliki pandangan yang sama mengenai kriteria day care yang dikehendaki, namun Moms dan Dads bisa mengandalkan masukan dari orang tua lain terkait hal-hal mendasar seperti faktor kebersihan dan keamanan area day care

Dari orang tua lain, Moms dan Dads juga bisa mendapatkan informasi mengenai hal-hal yang tidak bisa diperoleh dari pengurus day care, misalnya seberapa tinggi perputaran pegawai di lembaga tersebut, siapa pengasuh yang menjadi favorit anak-anak, dan hal-hal apa saja yang perlu diantisipasi oleh orang tua ketika meninggalkan anaknya dalam pengawasan day care. 

Percaya pada kata hati

Setelah mengumpulkan informasi dan melakukan survey di sejumlah day care yang menjadi kandidat, Moms bisa menyusun daftar berisi kelebihan dan kekurangan setiap lokasi day care yang sudah dikunjungi. Daftar ini berguna sebagai panduan bagi Moms dan Dads untuk menjatuhkan pilihan secara obyektif. 

Meski demikian, terkadang ada hal-hal subyektif yang justru berperan besar dalam menentukan kecocokan anak dengan day care tertentu, misalnya sikap pengasuh yang lebih keibuan, menu makan siang yang lebih cocok dengan selera keluarga, suasana kompleks day care yang lebih rindang, dan sejenisnya. Terkait hal ini, Moms dan Dads perlu mendengarkan dan memercayai kata hati sebelum menentukan pilihan day care yang terbaik bagi si Kecil.

^IK