Nasi adalah salah satu makanan pokok orang Indonesia. Selain mengandung karbohidrat, nasi juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, protein, zat besi, fosfor, selenium, mangan, dan magnesium. 

Bagi kebanyakan orang Indonesia, belum makan nasi artinya belum makan. Sehingga tidak heran, ketika nasi yang dimasak cepat basi akan benar-benar merusak suasana hati. Nah, ada tipnya nih Moms agar nasi tidak cepat basi. Apa saja? Mari kita simak ulasannya berikut ini. 

Cuci beras sampai bersih 

Mencuci beras hingga bersih adalah salah satu poin penting agar nasi tidak cepat basi. Saat mencuci beras, gunakan air yang cukup hingga beras terendam sempurna. Lalu, aduk-aduk beras hingga semua kotoran yang menempel terangkat. Setelah itu Moms bisa buang airnya, dan tiriskan beras. Ulangi proses ini tidak lebih dari 3 kali supaya nutrisi beras tidak banyak yang terbuang. 

Tambahkan jeruk nipis atau lemon 

Cara lain agar nasi tidak cepat basi adalah dengan menambahkan beberapa tetes perasan jeruk nipis atau lemon pada beras sebelum dimasak. Penambahan jeruk nipis atau lemon ini akan membuat nasi lebih empuk dan tidak mudah basi. 

Gunakan jumlah air yang tepat 

Perbandingan air yang digunakan saat memasak tidak hanya menentukan tekstur akhir nasi yang dihasilkan, tetapi juga apakah nasi akan cepat basi atau tidak. Nasi yang terlalu lembek dan basah akan lebih cepat basi karena cenderung lembap. Jadi, pastikan Moms mengukur takaran air yang tepat untuk jenis beras yang Moms gunakan ya. 

Aduk saat dimasak 

Mengaduk nasi saat memasak akan membantu mengeluarkan uap air yang tertahan di dalamnya. Uap air ini jika banyak tertinggal di dalam nasi akan lebih cepat membuatnya basi. Makanya, pastikan Moms menyempatkan mengaduk nasi sekitar 20-30 menit proses masak jika memasak nasi di kompor, atau setelah moda penanak nasi berubah jadi moda dihangatkan kalau menggunakan penanak nasi listrik. 

Selain hal-hal di atas, menggunakan penanak nasi yang berkualitas juga bisa menentukan apakah nasi akan cepat basi atau tidak. Jadi pastikan penanak nasi yang Moms gunakan masih bekerja dengan baik, ya. Itu dia beberapa tip agar nasi tidak cepat basi. Semoga bermanfaat, Moms!