Pandemi COVID19 yang mulai mereda membuat banyak keluarga mulai berani berwisata ke luar negeri bersama keluarganya. Apakah Moms juga termasuk yang punya rencana untuk liburan sekeluarga ke luar negeri dalam waktu dekat? Nah, kalau begitu pas nih, mari disimak tip ke luar negeri bersama keluarga saat pandemi berikut ini. 

Cek Syarat-Syarat Administrasi 

Setiap negara di dunia memberlakukan syarat perjalanan yang berbeda-beda selama pandemi COVID19 ini, seperti syarat vaksin dan lain-lain. Sebelum melakukan perjalanan ke suatu negara tertentu, pastikan Moms mengecek bagaimana persyaratan masuk negara tersebut dan apakah Moms sekeluarga sudah memenuhinya. 

Mengurus Paspor dan Visa Si Kecil 

Meskipun belum cukup umur dan tidak memiliki KTP, si Kecil tetap harus memiliki paspor nih, Moms. Makanya, sebelum pergi ke luar negeri, penting bagi Moms untuk ke kantor imigrasi dan mengurus pembuatan paspor si kecil jika belum ada. Pastikan juga paspor Moms dan Dads masih berlaku ya. Selain paspor, Moms juga harus mengurus izin dan pembayaran visa kunjungan ke negara tujuan berliburnya. Namun, jika Moms berkunjung ke 6 negara ASEAN, Moms tidak perlu membayar visa kunjungan wisata nih. Dikutip dari laman resmi imigrasi.go.id, 6 negara tersebut adalah: Brunei Darussalam, Filipina, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, dan Vietnam. 

Menyiapkan Pakaian yang Sesuai 

Jika Moms bepergian ke negara 4 musim, maka Moms harus menyiapkan pakaian dan peralatan yang sesuai dengan musim yang sedang berlangsung di negara tersebut. Jangan sampai Moms hanya mengemas pakaian musim panas sementara negara kunjungan tersebut sedang musim dingin. 

Pikirkan tentang Makanan si Kecil 

Untuk si kecil yang sedang masa MPASI, maka Moms perlu menyiapkan lebih detail mengenai makanannya. Moms mungkin bisa membawa peralatan MPASI yang sesuai untuk bepergian dan bentuknya portabel. Selain itu jika Moms dan keluarga terbiasa makan nasi dan akan pergi ke negara yang sulit mencari beras, Moms bisa membekali diri dengan beras dan penanak nasi mini. Jangan lupa juga kemasi camilan favorit keluarga yang mungkin akan sulit ditemui di negara tujuan. 

Periksa Kesehatan 

Penting banget nih, Moms. Pastikan kondisi kesehatan seluruh anggota keluarga dalam keadaan baik sebelum bepergian, ya. Jangan lupa kemasi juga vitamin-vitamin dan obat-obatan sebagai amunisi jika nanti tiba-tiba mendapat kendala kesehatan di negeri orang. 

Nah, itu dia beberapa tips ke luar negeri bersama keluarga saat pandemi. Semoga bermanfaat.