Apakah Moms senang menulis serta berbagi pemikiran dan opini yang Moms punya pada khalayak? Jika ya, Moms mungkin cocok menjadi seorang blogger. 

Apa itu blogger? Blogger adalah seorang penulis yang rutin menuangkan isi pikirannya dalam bentuk tulisan di website jurnal daring yang biasa disebut blog. Nah, tidak perlu takut untuk memulainya, Moms. Moms bisa coba lima tip memulai blog berikut ini supaya percaya diri. 

Tentukan Platform yang Ingin Dipakai 

Ada banyak platform blogging yang bisa Moms pilih, baik yang berbayar maupun yang gratisan. Setiap platform memiliki tampilan dan keunggulannya masing-masing. Contoh platform yang populer adalah Wordpress, Tumblr, Medium, dan Blogger. Untuk pemula, Wordpress dan Blogger termasuk yang mudah digunakan. 

Temukan Niche yang Sesuai 

Sebelum memulai mengisi konten di dalam blog yang Moms miliki, sebaiknya Moms sudah lebih dulu punya niche atau topik utama yang akan menjadi fokus bahasan untuk blog tersebut. Dengan menentukan niche di awal, Moms bisa konsisten menulis dan membagikan konten-konten yang potensial akan disukai oleh target pembaca niche tersebut. 

Hal ini bertujuan agar blog yang Moms bangun mendapat tempat di hati niche yang ditargetkan dan menemukan pembaca setianya. Contoh, jika Moms senang memasak, maka Moms bisa fokus menulis hal-hal yang berhubungan dengan masak memasak dan hal-hal yang sekiranya akan menarik buat orang-orang yang senang memasak juga. 

Buat Jadwal Menulis 

Blog yang ramai dikunjungi pembaca adalah blog-blog yang rutin memperbarui kontennya. Nah, supaya konsisten, Moms bisa buat jadwal khusus dan rutinlah mengunggah konten baru pada jadwal tersebut. Blog yang rutin diisi juga akan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari. 

Jalan-Jalan ke Blog Orang atau Blogwalking

Blogging adalah salah satu aktivitas menulis daring yang memiliki banyak komunitas. Para blogger ini biasanya sering saling berkunjung untuk saling mendukung sekaligus secara tidak langsung meningkatkan potensi kunjungan ke blognya. Sering-seringlah mampir ke blog-blog yang memiliki niche serupa dengan blog yang Moms buat. Hal ini akan membantu Moms membangun reputasi di kalangan pembaca niche tersebut. 

Pelajari tentang SEO 

Search Engine Optimization adalah proses optimasi yang memungkinkan sebuah website untuk tampil dalam posisi teratas hasil pencarian oleh mesin pencari. Untuk mencapainya ada beberapa teknik yang bisa diterapkan, salah satunya adalah dengan menulis artikel yang mengandung kata kunci yang banyak dicari oleh niche yang Moms pilih. Untuk teknik-teknik lainnya, Moms bisa mencari tahu dengan membaca buku atau sumber internet lainnya. 

Nah, bagaimana, sudah siap untuk memulai membuat blog pertama Moms? Semoga tip di atas bermanfaat.