Persoalan sampah dan pengelolaannya adalah masalah kita semua. Laju pertambahan sampah dan pengelolaannya yang tidak sejalan bisa menyebabkan berbagai masalah lingkungan yang nantinya akan berdampak hingga ke anak cucu kita nanti. Makanya, setiap rumah tangga sekarang ini didorong untuk mulai menerapkan gaya hidup minim sampah. 

Ada lima prinsip yang harus dijalankan untuk gaya hidup minim sampah Moms. Disingkat 5R, yaitu Refuse (menolak), Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali), Recycle (mendaur ulang), dan Rot (membusukkan sampah). 

Waduh, mulai dari mana ya? Tidak perlu bingung, Moms bisa memulainya dengan menerapkan cara-cara mengurangi sampah di rumah beriku ini. 

Belanja sebutuhnya 

Baik saat berbelanja bahan makanan maupun barang fesyen, belanjalah sebutuhnya saja, Moms. Dengan begitu, akan semakin sedikit barang yang tidak terpakai dan hanya berakhir menjadi sampah. Sebelum memutuskan membeli sesuatu, tanyakan pada diri sendiri, apakah Moms benar-benar butuh atau hanya keinginan saja? 

Pilih tanpa kemasan atau kemasan minimal 

Kemasan barang adalah salah satu penyumbang sampah rumah tangga yang besar. Saat berbelanja sebaiknya pilihlah barang-barang yang punya opsi tanpa kemasan atau dengan kemasan minimal yang bisa didaur ulang. 

Beli dalam ukuran besar 

Saat berbelanja, ketimbang memilih bahan makanan atau peralatan pembersih rumah dengan kemasan kecil-kecil, sebaiknya pilih yang dalam ukuran besar saja, Moms. Selain lebih murah, Moms juga bisa mengurangi sampah kemasan di rumah. 

Bawa botol dan kotak makan 

Menerapkan gaya hidup minim sampah bukan berarti Moms sekeluarga tidak boleh jajan di luar rumah. Untuk mengurangi sampah kemasan akibat jajan di restoran, biasakan membawa botol dan kotak makan sendiri ketika memesan makanan dan minuman, Moms. Beberapa restoran dan kafe bahkan suka memberikan diskon untuk pelanggan yang membawa wadah mereka sendiri lho, Moms! 

Hindari barang sekali pakai 

Barang sekali pakai seperti sedotan, tisu, pembalut, popok, dan pisau cukur seringkali ambil bagian besar dalam sampah rumah tangga. Moms bisa mengurangi penggunaan tisu sekali pakai dengan lap kain, pembalut dengan pembalut kain atau menstrual cup, dan mengganti popok dengan clodi. 

Selalu bawa tas belanja 

Tas belanja yang bisa dilipat dan dipakai berkali-kali bisa mengurangi sampah plastik akibat belanjaan supermarket. Selalu sediakan tas belanja ini di dalam tas ketika bepergian ya, Moms. 

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa Moms lakukan untuk memulai gaya hidup minim sampah dan mengurangi sampah di rumah. Selamat mencoba! 

^IK