Pasca melahirkan adalah saat yang sangat melelahkan bagi seorang wanita. Dimana pada 6 minggu kedepan tubuh akan merasa nyeri dan lelah. Namun ini memang sudah lumrah di alami oleh seseorang yang baru saja bersalin.

Terkadang komplikasi serius pascabersalin sangatlah jarang terjadi. Namun jika itu terjadi segeralah mendatangi dokter yang ahli dalam bidang ini. Untuk itu Anda perlu mengetahui tanda-tanda yang tidak wajar sedang terjadi.

1. Pendarahan yang berlangsung selama beberapa jam dan di dalam 1 jam Anda terlalu sering mengganti pembalut

Jika Anda mengalami hal tersebut segeralah hubungi dokter atau bidan terdekat agar bisa ditindaklanjuti. Sementara itu yang harus Anda lakukan ialah meletakkan kantong es pada bagian perut lebih tepatnya di rahim Anda sambil berbaring.

2. Tidak terjadi pendarahan pascabersalin

Jika pada pembahasan di atas terjadinya pendarahan adalah tanda tidak normal pascabersalin begitupun sebaliknya Anda tidak mendapati pendarahan sama sekali selama beberapa hari pasca melahirkan. Segeralah berkonsultasi dengan dokter dan bidan terdekat.

3. Banyak mengeluarkan darah berwarna merah cerah saat minggu pertama setelah melahirkan

Anda harus bisa membedakan darah yang normal terjadi setelah melahirkan. Seperti darah menstruasi ringan atau aliran darah yang disebabkan karena menyusui.

4. Darah yang menggumpal dalam frekuensi yang banyak dalam darah nifas

Jika Anda menemui gumpalan darah dalam frekuensi yang banyak, ini juga merupakan tanda yang tidak normal. Namun jika terjadi pada awal-awal sejak melahirkan ini adalah normal.

5. Rasa tidak nyaman ataupun nyeri yang tak lazim

Rasa nyeri pasca melahirkan adalah suatu hal yang normal. Namun apabila berterusan merupakan tanda tidak normal yang sedang terjadi.

6. Nyeri di sekitar perineum

Jika di sekitar perineum terasa nyeri dan tak kunjung reda selama beberapa hari, Anda perlu curiga ini merupakan tanda yang tidak normal.

7. Demam yang tak kunjung sembuh.

Sehari setelah pasca bersalin, jika Anda merasakan demam dan suhu tubuh Anda melebihi 37, 8 celcius dan ini terjadi lebih dari satu hari merupakan masalah pasca bersalin.

8. Merasakan pusing yang sangat parah

Biasanya seseorang yang baru saja melahirkan bisa merasakan pusing akibat banyaknya darah yang keluar. Namun jika Anda merasakan pusing yang sangat parah Andah harus mencoba menghubungi dokter ataupun bidan.

9. Merasakan mual dan rasa yang mendorong ingin muntah

Terjadi mual tanpa sebab ini merupakan hal yang tidak normal yang terjadi pada seseorang pasca bersalin.

10. Pada sekitar payudara terasa nyeri, kemerahan, panas, bengkak dan mudah merasakan sakit setelah pembengkakan payudara berkurang.

Pembengkakan payudara memang sering terjadi pasca bersalin, namun jika rasa nyeri yang ditimbulkan tak kunjung hilang Anda harus berkonsultasi dengan dokter ataupun bidan untuk mengetahui yang sedang terjadi. Ini bisa saja merupakan tanda infeksi pada payudara.

11. Terdapat pembengkakan atau kemerah-merahan pada bagian tubuh tertentu.

Jika Anda mendapati bagian tubuh Anda bengkak dan kemerah-merahan yang tak normal, ini merupakan tanda yang tak lazim pasca bersalin. Serta pada luka operasi caesar terasa panas dan mengeluarkan cairan.

12. Masalah yang terjadi saat buang air kecil

Pada saat Anda buang air kecil, akan terasa nyeri dan panas seperti tebakar serta keinginan ingin buang air kecil namum air yang keluar hanyalah sedikit dan warnanya berwarna gelap. Ini merupakan masalah pada saluran kencing Anda. Minumlah banyak air untuk mengatasinya dan Anda juga bisa menghubungi dokter.

13. Rasa nyeri yang hebat pada dada.

Pada saat mengejan dada kita bekerja menarik napas akan merasakan sedikit nyeri di bagian dada. Namun, jika di rasakan nyeri yang sangat kuat, denyut jantung yang berpacu cepat serta ujung jari kebiruan ini merupakan masalah pasca bersalin.

14. Rasa nyeri dan hangat di sekitar paha ataupun betis

Jika disaat Anda menekukkan telapak kaki Anda merasakan nyeri di paha atau betis yang harus Anda lakukan adalah beristirahat dan meletakkan kaki yang lebih tinggi.

15. Depresi yang berat sehingga mengganggu aktivitas Anda sehari-hari

Biasanya tekanan-tekanan yang datang dari mana saja akan mengakibatkan depresi yang berujung kemarahan pada bayi serta keinginan ingin menyakitinya. Disini peran suami sangatlah penting dalam mengatur emosi istrinya.

Itulah 15 tanda tidak normal pasca melahirkan, jika Anda mengalami salah satunya jangan di anggap enteng. Segeralah menghubungi dokter,bidan atau IGD rumah sakit. Semoga bermanfaat.