Saat memasuki usia kehamilan 36 week, janin sudah siap untuk lahir ke dunia. Untuk menyambut kehadirannya, ada baiknya Moms mengkonsumsi makanan berikut: 

Buah Nanas 

Nanas kaya akan vitamin , mineral dan antioksidan. Dagingnya yang berwarna kuning mengandung enzim bromelain yang berfungsi untuk melembutkan dinding serviks . 

Makanan Pedas 

Makanan pedas dapat mempercepat proses pencernaan karena mengiritasi usus yang terletak tepat di atas rahim dan dapat mempercepat kontraksi. Alih alih ingin mempercepat persalinan, ada baiknya Moms jangan berlebihan juga makan pedasnya karena bisa berakibat diare. 

Makanan Kaya Serat 

Konsumsi makanan kaya serat seperti pisang , apel , jeruk , mangga untuk menghindari konstipasi yang merupakan salah satu masalah utama yang menyebabkan keterlambatan persalinan. 

Jeruk 

Jeruk penting bagi persalinan karena mengandung sekitar 90% air. Artinya, jeruk mampu memenuhi kebutuhan cairan untuk tubuh selama masa melahirkan. 

Air Kelapa 

Saat melahirkan, tubuh harus dalam keadaan terhidrasi. Kekurangan cairan bisa membuat kontraksi jadi makin menyakitkan. Coba minum seteguk air setiap kontraksi dengan menggunakan sedotan. Air kelapa juga menjadi pilihan lain untuk meningkatkan elektrolit yang membantu menjaga simpanan energi. 

Kurma 

Makan 6-7 kurma sehari saat usia kandungan cukup umur,  dapat mengurangi kebutuhan untuk induksi ketika melahirkan. 

Tak hanya bergizi makanan di atas bisa juga lho, sebagai makanan untuk induksi alami . Ketika Moms sudah mau persalinan atau sudah pembukaan tetapi masih fase laten atau pembukaan masih kecil,  ada baiknya Moms sesekali makan di sela sela kontraksi agar tenaga Moms kuat untuk mengejan nanti. Utamakan makanan yang kaya akan serat serta mudah dicerna . 

Bisa juga minum teh manis hangat untuk menambah energi saat mengejan.  Jangan sungkan untuk meminta dibelikan makanan atau disuapi oleh suami sesekali ya Moms, karena melahirkan butuh tenaga ekstra. Banyak Moms yang menolak makan takut BAB saat mengejan, padahal itu hal yang wajar lho, Moms. Jadi, jangan sungkan untuk meminta makan kesukaan ya Moms, he..he..he...