Jika Moms menginginkan persalinan alami tentu akan mempersenjatai diri dengan semua alat yang diperlukan untuk membuat hal tersebut mudah dilalui, salah satunya birth ball. 

Bisa dibilang birth ball merupakan teman yang hebat untuk kehamilan, hingga persalinan. Tentunya, Moms juga ingin mendapatkan makan-makanan yang sehat namun tak terlepas dari olahraga seperti apa yang mampu membuat panggul dalam kondisi untuk persalinan. Di sini, birth ball menjadi solusinya.

Lalu, apa saja manfaat birth ball untuk persalinan berdasarkan Journal of Midwifery and Reproductive Health? 

-Meringankan sakit punggung dan meningkatkan kemampuan Moms untuk bergerak.

-Merangsang aliran darah ke area panggul, tempat plasenta dan uterus berbaring.

-Menawarkan tekanan balik ke perineum dan paha.

-Memberikan dukungan luar biasa pada lutut dan pergelangan kaki 

-Membantu mengurangi tekanan tulang belakang 

-Dapat meredakan nyeri persalinan dan mengurangi durasi persalinan.

-Dapat mengurangi kecemasan dan rasa sakit akibat kontraksi.

- Membantu membuka otot-otot panggul 

-Membantu Moms tetap dalam posisi tegak, yang bekerja dengan gravitasi untuk bayi yang layak dan efisien. 

-Memperbaiki posisi bayi sebelum kelahiran.  Dalam satu studi Hongkong Medical Journal pada 2013, 203 wanita hamil dirawat di rumah sakit dengan nyeri persalinan menyelesaikan 30 menit latihan melahirkan. Ketika peneliti mengukur tingkat rasa sakit dan kecemasan mereka setelah latihan, para wanita melaporkan peningkatan yang signifikan. 

-Menemukan posisi yang nyaman selama persalinan sulit.

Menggunakan birth ball dapat membantu meringankan tekanan panggul atau tulang belakang. Moms bisa duduk di atas bola persalinan dan batu dari sisi ke sisi, atau dari depan ke belakang. Beberapa wanita juga duduk di atas bola bersalin sambil bersandar di meja atau tempat tidur, sehingga pasangan dapat memijat punggung mereka. 

Menjadi posisi tangan dan lutut saat menggunakan bola persalinan juga dapat mengurangi tekanan pada punggung bagian bawah dan panggul. Letakkan bantal di lantai, dan dengan lutut di atas bantal, condongkan tubuh ke depan dan peluk bola persalinan. Posisi ini dapat memberikan kenyamanan jika Moms mendekati tahap mendorong dan tidak bisa duduk karena tekanan panggul.

Jika birth ball memiliki manfaat potensial ini, Moms mungkin bertanya-tanya apakah birth ball juga dapat menyebabkan persalinan?  Meskipun beberapa wanita mungkin mengalami persalinan saat duduk, berputar pada birth ball, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa bola ini dapat menginduksi persalinan atau membuat ketuban pecah.