Persalinan yang lancar dan minim trauma adalah impian setiap Moms  hamil. Melatih diri hingga usaha-usaha untuk mendapatkan sensasi menyenangkan pada saat persalinan terus dilakukan. 

Tidak dipungkiri bahwa ketika seorang Moms mendengar  tentang persalinan yang pertama kali terbayang adalah rasa sakit dan tidak nyaman,  serta komplikasi penyerta yang menakutkan. Tetapi tidak perlu khawatir kok, Moms.  Persalinan yang aman dan minim trauma bukanlah sesuatu yang mustahil. Banyak kiat dan cara untuk mendapatkan sensasi nyaman ketika waktu persalinan tiba, yakni bermain birthing ball. 

Birthing ball merupakan bola bersalin yang terbuat dari karet yang biasanya memiliki diameter yang besar dan terutama memiliki lapisan anti slip yang aman digunakan untuk Mpms hamil. Bola ini sangat berguna untuk Moms pada saat masa kehamilan maupun pada saat proses persalinan. Berikut adalah beberapa manfaat dari birthing ball pada saat proses persalinan : 

Membantu memperbesar diameter panggul 

Dengan Moms duduk dan bergoyang di atas birthing ball,  maka secara anatomis akan membantu memperbesar diameter panggul dan membuat janin akan lebih mudah turun pada saat proses persalinan berlangsung. 

Mengurangi nyeri punggung 

Selama proses persalinan,  selain nyeri pada area perut,  terkadang Moms akan merasakan ketidaknyamanan di daerah pinggang belakang hingga punggung. Bermain birthing ball akan membantu postur tubuh Moms untuk tegak,  sehingga mengurangi nyeri pinggang dan punggung. 

Mempercepat proses persalinan 

Manfaat yang ketiga ini merupakan lanjutan dari manfaat yang pertama dan kedua. Ketiga manfaat ini saling berkaitan ketika diameter panggul menjadi lebar dan postur tubuh tegap,  maka bayi akan dengan mudah masuk jalan lahir dan membantu untuk mempercepat pembukaan.

Relaksasi 

Bermain di atas birthing ball,  baik hanya duduk saja atau pun bergoyang santai,  akan mampu membantu tubuh maupun pikiran Moms menjadi lebih relaks dan terhibur. Tubuh yang relaks akan membantu untuk mengurangi rasa cemas dan takut pada saat proses persalinan. 

Birthing ball  memiliki banyak manfaat lainnya,  terutama pada saat trimester ketiga kehamilan. Meski begitu, tetap perhatikan aspek keselamatan dan kenyamanannya ya,  Moms