Pemakaian gurita atau korset setelah melahirkan merupakan salah satu cara untuk mengembalikan bentuk tubuh ke sebelum hamil. Banyak Mom  akan melakukan segala cara agar bentuk tubuhnya kembali seperti semula. Ingin perut yang kencang, rata dan langsing sepertinya sudah menjadi dambaan setiap Moms yang habis melahirkan. Karena, tubuh kita setelah melahirkan banyak sekali perubahan, salah satunya kenaikan berat badan . 

Penggunaan gurita atau korset setelah melahirkan dengan operasi sesar harus berhati hati agar tidak mengganggu pemulihan luka pasca operasi. Korset yang dipilih haruslah berbahan halus dan lentur agar tidak menyebabkan gesekan dengan bekas luka, serta penggunaanya juga jangan terlalu ketat karena dapat menyebabkan hambatan pada aliran darah yang justru dapat menyebabkan gangguan pada penyembuhan luka pasca operasi . 

Saya memakai korset / Gurita sesaat setelah operasi selesai. Jadi saat di ruang operasi sudah dipakaikan  korset. Waktu untuk pemakaian korset pasca SC ini berbeda - beda tergantung dari  dokter obgyn yang menangani dan lihat kondisi tubuh Moms sendiri. Pemakaian korset ini juga bisa berdampak buruk jika tidak memperhatikan hal berikut .

- Pilihlah korset dengan bahan yang halus dan menyerap keringat

- Jangan terlalu kencang memakainya 

- Usahakan setiap hari ganti korset setelah mandi

- Jika merasa nyeri atau tidak nyaman, bisa berhenti memakainya. 

- Elastis

- Pilih warna gelap agar menyamarkan noda.  

Dampak buruk pemakaian korset

Mulai dari masalah kulit seperti gatal gatal, ruam atau bruntusan, sesak napas karena penggunaan terlalu kencang, untuk yang lahiran sesar, penggunaan terlalu kencang ini bisa menghambat penyembuhan luka.

Meskipun penggunaan korset / gurita ini sudah menjadi tradisi turun temurun harus di perhatikan juga pemakaian nya . 

Adapun keuntungan memakai korset yang saya rasakan: 

- Perut merasa lebih tersangga

- Perut terasa lebih cepat mengecil 

- Nyaman saat duduk atau berjalan karena setelah melahirkan perut terasa bergelambir dan setelah pake korset jadi kencang, lebih enak untuk beraktivitas. Korset yang saya pakai korset khusus melahirkan yang memiliki perekat tiga, sehingga aman untuk digunakan. Saya juga punya korset yang full karet  seperti korset untuk pengantin  Korset model seperti itu sangat tidak enak dipakai karena membuat perut gatal dan menjadi sesak. Saya punya 4 korset perekat tiga, jadi sehari cuci kering pakai. Penggunaan korset ini selama tiga bulan pasca bersalin, saya lepas hanya untuk mandi. Bahkan tidur pun saya memakai korseti. Hasilnya amat memuaskan, perut tidak lagi bergelambir .