Hai Moms, siapa nih yang sudah mendekati HPL? Sudah mempersiapkan apa saja nih, untuk baby dan persalinan nanti? Kalau belum, yuk coba dicek lagi, apa saja yang masih belum lengkap? Lalu berapa sih sebenarnya dana yang harus dipersiapkan menjelang persalinan? 

Pada dasarnya moment persalinan adalah sebuah hal yang dikhawatirkan, namun sekaligus ditunggu-tunggu. Di mana setiap proses yang dilalui setiap detiknya, membuat kita menjadi semakin dekat untuk dipertemukan dengan buah hati tercinta. 

Namun, seringkali banyak Moms yang justru mengesampingkan dana atau budget persalinan. Padahal dana persalinan juga perlu untuk kita persiapkan secara matang. Terlebih di masa pandemi, yang memang kita harus bisa lebih menekan pengeluaran. Lalu dana apa saja yang sebaiknya dipersiapkan agar tidak over budget? 

1.Persiapkan dana untuk perlengkapan newborn sesuai kebutuhan. Beli paket atau dalam jumlah banyak biasanya lebih hemat, walau motif atau warna cenderung sama, tetapi yang utama adalah bahan produknya nyaman untuk bayi.

2. Usahakan untuk memberikan ASI agar bisa menekan pengeluaran Sufor setelah si bayi lahir nanti. Caranya? Dengan Moms mulai rajin konsumsi makanan yang mampu memicu produksi ASI sejak hamil. Penting juga mengetahui informasi tentang Inisiasi Menyusui Dini (IMD), karena keberhasilan saat proses IMD akan memunculkan rasa percaya diri Moms untuk melanjutkan proses meng-ASI-hi. Pahami juga tentang pijat laktasi, pijat ini bisa dilakukan setelah bayi terlahir, agar hormon oksitosin mampu memproduksi ASI lebih baik lagi.

3. Persiapkan dana untuk melahirkan. Konsultasikan selalu pada bidan/dokter kandungan Moms, proses persalinan seperti apakah yang akan Moms lalui? Jika normal tanyakan berapa dananya, jika harus mendapatkan proses persalinan secara caesar berapa juga dananya? Berdoa itu perlu, Moms mana yang tidak menginginkan persalinan normal? Namun, dokter lebih paham bagaimana agar ibu dan bayi bisa selamat! Dan tugas kita mempersiapkan segala kemungkinan dana yang akan kita keluarkan.

4. Mempersiapkan dana untuk berkas-berkas persalinan dan kelahiran bayi.

5. Mempersiapkan dana ketika suami atau pun saudara menunggu anda selama proses persalinan. Misal untuk sekadar makan atau minum. 

Nah, itulah dana yang perlu Mom siapkan untuk persalinan. Sekiranya bisa disesuaikan dengan budget masing-masing ya. Kalau aku sendiri, waktu itu melahirkan di puskesmas, dengan BPJS kesehatan semuanya free. Hanya biaya berkas saja Moms.  Kembali lagi, bisa disesuaikan dengan budget dan keselamatan kedua belah pihak ya Mom. Semoga Moms yang menunggu persalinan diberikan kelancaran, sehat ibu dan bayinya. Semoga bermanfaat.