Persalinan merupakan proses yang terjadi berupa pengeluaran hasil konsepsi. Ada beragam jenis persalinan, dari yang normal hingga operasi atau caesar. Banyak Moms yang memiliki pengalaman tidak menyenangkan selama proses persalinan, mulai dari rasa sakit saat kontraksi hingga proses jahit menjahit perineum. 

Namun, di zaman modern ini, persalinan kembali ke posisi awalnya yakni metode asuhan sayang ibu atau prinsip mudahnya adalah persalinan tanpa menyakiti ibu. Asuhan persalinan dengan berpatokan pada asuhan sayang ibu di sini sangat erat dengan yang namanya persalinan gentle birth

Gentle birth adalah persalinan yang mengacu pada persalinan yang alami dan lembut, tentunya tanpa membuat ibu trauma. Syarat untuk bisa melakukan persalinan ini adalah semangat, bersungguh-sungguh, tidak mudah terpengaruh dan bersatu antara body, soul and mind. Keempat hal tersebut adalah kunci utama walau ada beberapa kunci lain,  seperti persiapan ketika masa kehamilan (melakukan prenatal gentle yoga hingga mempelajari teknik pernapasan).

Gentle birth sebenarnya adalah persalinan dengan gaya baru. Persalinan mengacu kepada alamiah sebagaimana persalinan itu sendiri. Proses yang alami ini meningkatkan kemungkinan trauma persalinan menjadi lebih kecil, peran pendampingan lebih terlihat hingga memungkinkan untuk mengurangi rasa nyeri ketika proses persalinan berlangsung.

Selain kelebihan,  gentle birth juga mempunyai kekurangan. Antara lain belum banyaknya masyarakat yang tahu dan belum meratanya fasilitas kesehatan yang menggunakan metode ini. Kekurangan-kekurangan di atas bisa diatasi dengan banyak belajar dan mencari tahu tentang persalinan ini, serta memilih provider yang sesuai dengan keinginan Moms. 

Gentle birth yang kita kenal mungkin hanya sebagai pengertian dari persalinan yang alami dengan minim trauma atau rasa sakit. Tetapi ternyata metode persalinan ini juga  memiliki beberapa jenis yang bisa Moms pilih dan disesuaikan dengan keadaan Moms.  Berikut adalah jenis-jenisnya :

Water birth, persalinan jenis ini biasanya dilakukan di dalam air gunanya untuk meringankan sakit pada ibu ketika proses persalinan. 

Hypno birth, selama mengandung, Moms lebih banyak bermeditasi dan menenangkan diri.

Silenced birth, selama melahirkan ibu dibuat se-relaks mungkin, tidak panik, dan menangis. 

Lotus birth,  persalinan yang membiarkan ari-ari dibiarkan lepas dengan sendirinya. 

Apapun proses persalinan yang akan Moms jalani kelak, baik itu melahirkan secara gentle birth atau pun SC,  semuanya adalah jalan terbaik. Tetap ingatlah bahwa yang utama di dalam keberhasilan persalinan adalah ibu dan bayi selamat.