Setelah melahirkan, perkara berat badan menjadi masalah bagi sebagian Moms yang baru melahirkan, termasuk saya. 

Saat hamil, berat badan saya naik kurang lebih 20 kg di akhir kehamilan. Berat badan saya 63 kg. Sehabis melahirkan, ketika saya mau keluar rumah sakit, berat badan saya turun 4 kg, kaget dong masa iya cuma 4 kg. Alicia aja 3.050 gram? Satu kilogram plasenta dan ketuban pikiran saya begitu. Lalu 16 kg nya jadi lemak semua apa? Sepanjang perjalanan pulang ke rumah, saya berpikir keras bagaimana caranya biar berat badan kembali normal atau paling tidak turunlah setengahnya. 

Setiap berkaca habis mandi, saya  selalu bertanya pada suami, “Ih, aku gendut yah ? Aku enggak pede gendut begini,  kayak emak emak banget,”  ucapku. Tapi suami hanya menjawab, “Ah,  enggak kok, yank kamu malah cakep begini, berisi,” katanya sambil memelukku . 

Hampir semingguan lebih setelah melahirkan saya uring uringan perkara berat badan yang tak kunjung turun. Tapi suami selalu bilang, enggak kok yank kamu cakep berisi kamu enggak gendut kok yank, ah suami memang menguatkan. Sampai pada akhirnya saya pasrah akan berat badan saya.  

Saya menyakinkan diri bahwa wajar setelah hamil berat badan tak langsung turun, tubuh butuh waktu untuk mengembalikannya. Sebulan telah berlalu, waktunya kontrol Alicia ke rumah sakit sekaligus imunisasi, iseng iseng lah timbang eh tau-tau turun 5 kg, girang bukan main. 

Saya menyusui Alicia full DBF, ditambah pumping sekitar 6 - 7 kali sehari karena produksi ASI yang berlebih .Menyusui terbukti dapat membantu Moms menurunkan berat badan setelah melahirkan, tetapi ini tergantung dari Moms sendiri. Beberapa Moms terbantu dengan menyusui dalam menurunkan berat badannya dan bisa mendapatkan berat badannya kembali seperti sebelum hamil dengan lebih cepat. Namun, beberapa Moms juga mempunyai kesulitan dalam menurunkan berat badannya,walaupun ia sudah menyusui. 

Awalnya saya sudah memikirkan untuk diet, namun menyusui itu membuat saya lapar dan haus tiada henti, karena menyusui membutuhkan asupan nutrisi yang tepat untuk buah hati Menyusui dapat membakar kalori Moms sebanyak 300-500 kalori dalam sehari, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Selang 3 bulan waktu cuti telah habis  saatnya kembali kerja. Tara... ternyata celana kerja saya sudah pada longgar. Ternyata BB sudah turun. BB saya saat pertama masuk kerja 45 Kg selisih 2 kg dari sebelum hamil .