Melewati malam tanpa tidur dan menenangkan si Kecil tentu menjadi hal sedikit mengejutkan pasca melahirkan. Kalau bisa dibilang momen-momen tersebut sedikit melelahkan. Setuju Moms? Namun, jangan sampai rambut rontok juga jadi salah satu faktor yang membuat Moms lelah. Rambut rontok setelah melahirkan merupakan hal yang wajar dialami oleh setiap Moms. Tapi bukan berarti tidak bisa diatasi.  Berikut cara menyikapi rambut rontok setelah melahirkan :  

Menstimulasi kulit kepala 

Kulit kepala sehat akan menghasilkan rambut yang indah. Moms bisa merangsang folikel rambut dengan cara memijat kulit kepala dengan menggunakan hair scrub atau minyak zaitun. Rutin memijat kulit kepala dapat memperlancar peredaran darah sehingga membuat rambut tumbuh lebih cepat. Selain itu, cara ini juga dapat mengurangi stres. 

Jangan lupa menggunakan produk perawatan rambut yang menutrisi 

Dalam upaya mengurangi rambut rontok, pemilihan produk perawatan rambut harus diperhatikan Moms. Oleh karena itu, penting untuk memilih shampo dengan formula tepat yang mampu menutrisi rambut serta kulit kepala secara menyeluruh seperti shampo perawatan rambut rontok untuk penggunaan sehari-hari.  Setelah menggunakan shampo yang menutrisi, jangan lupa untuk melengkapi kebutuhan rambut dengan mengaplikasikan kondisioner. Selalu diingat ya Moms, kondisioner juga merupakan bagian penting saat keramas. Karenanya, jangan melewatkan penggunaan kondisioner. Kondisioner membantu melindungi rambut dan membuatnya lebih lembut serta mudah diatur. 

Mengonsumsi suplemen 

Suplemen penumbuh rambut juga bisa menjadi alternatif untuk mengatasi kerontokan rambut setelah melahirkan.  Moms bisa mencoba mengonsumsi suplemen biotin (B7) yang dapat membantu memperkuat folikel rambut agar tidak mudah patah. Selain multivitamin juga bisa membantu kelengkapan gizi.  

Hindari dulu penggunaan alat penata rambut bersuhu panas 

Supaya kondisi rambut tidak makin parah. Sebaiknya, Moms hindari dulu menggunakan hair dryer atau alat pelurus rambut yang bersuhu tinggi.  Jika memang terdesak, Mom bisa mengatur alat penata rambut dengan suhu yang lebih rendah.  

Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein dan zat besi 

Pola makan yang seimbang juga memengaruhi pertumbuhan rambut terutama setelah melahirkan.  Karenanya, usahakanlah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan protein tinggi. Makanan dengan sumber protein bisa didapatkan dari telur dan ikan. Sedangkan zat besi bisa diperoleh dari bayam dan kacang almond.  

Mengganti gaya rambut 

Cara ini mungkin jadi solusi tercepat nih Moms. Moms bisa mengganti gaya rambut yang membuatnya terlihat lebih tebal. Misalnya, potongan rambut dengan gaya bob bisa membuat rambut lebih terlihat bervolume. Gaya ini juga membuat Mom jadi lebih mudah mengatur rambut terutama saat si Kecil baru saja lahir.