Pandemi belum berakhir. Bagi ibu hamil yang perkiraan persalinannya semakin dekat, tentu merasa khawatir harus melahirkan si Kecil di tengah pandemi. Persiapan ekstra perlu dilakukan jauh-jauh hari, Moms. Karena berbeda dengan persalinan di masa normal, selama masa pandemi ini, banyak peraturan baru yang muncul, salah satunya peraturan untuk menjaga diri dan tenaga kesehatan dari penularan COVID-19.

Baca Juga: Tanda Akan Melahirkan yang Semakin Dekat

Persiapan persalinan sebelum dan selama pandemi,  mungkin akan sedikit berubah, terutama tentang  perlindungan tambahan untuk mencegah penularan COVID-19. Berikut adalah beberapa persiapan persalinan selama pandemi yang bisa Moms gunakan sebagai referensi untuk persiapan persalinan nanti:

Perlindungan diri 

Melindungi diri dari penularan virus COVID-19 wajib dilakukan di masa pandemi sekarang ini. Moms bisa bisa menyiapkan beberapa alat pelindung diri seperti masker, face shield dan hand sanitizer. Selain melengkapi diri dengan alat pelindung diri, Moms juga harus membiasakan diri untuk selalu menjaga jarak, dan mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh apa pun. 

Persiapan mental

Selain persiapan alat pelindung diri, Moms juga sebaiknya mulai mempersiapkan mental agar tidak panik dan takut secara berlebihan.Jangan sampai kondisi psikologis Moms mengganggu proses persalinan. Karena itu,  hindari mengakses informasi hoax mengenai pandemi saat ini. Tetap berusaha berpikir positif agar imun tubuh Moms tetap terjaga. 

Pilih tempat persalinan 

Memilih tempat melahirkan menjadi hal yang sangat penting dilakukan sekarang ini, karena menjalani proses persalinan di masa pandemi  memiliki risiko tinggi untuk tertular penyakit di fasilitas kesehatan. Pastikan Moms memilih tempat bersalin yang memiliki standar kebersihan yang baik serta menerapkan protokol kesehatan di dalam pelayanannya. 

Komunikasi 

Setelah menemukan tempat bersalin yang aman dan memenuhi kriteria, maka selanjutnya adalah Moms melakukan komunikasi pada provider yang akan membantu Moms bersalin nanti. Tanyakan mengenai metode persalinan hingga perawatan pasca persalinan di pelayanan kesehatan tersebut. 

Ikuti SOP yang berlaku 

Setiap pelayanan kesehatan pasti memiliki Standar Operasional Pelayanan yang harus dijalankan. Biasanya pada masa pandemi seperti ini,  Moms yang berencana melakukan persalinan akan dianjurkan untuk mengikuti test COVID-19. Tujuannya untuk mengetahui status COVID-19 pasien, apakah positif atau negatif. Dengan mengetahui status pasien secara pasti, maka provider mampu memberikan pelayanan terbaik sesuai kondisi Moms.