Saat tahu hamil, saya mulai melakukan persiapan untuk persalinan. Saat trimester pertama, saya hanya tanya tanya ke kawan yang sudah terlebih dahulu melahirkan apa aja sih yang harus disiapkan. Memang terlihat agak berlebihan di pandangan orang, tapi saya tidak menghiraukan bisikan tetangga. Yang saya persiapkan untuk persalinan normal adalah sebagai berikut: 

Pernapasan 

kalau ingin melahirkan secara normal hal yang utama dibutuhkan adalah pernapasan. Napas yang teratur akan membuat persalinan terasa lebih mudah.

Ikuti prenatal yoga

Jadi sejak memasuki trimester kedua saya mengikuti kelas prenatal yoga di salah satu RS swasta ,karena di RS biasa saya periksa kandungan tidak ada kelas prenatal yoga, jadi beda RS. Dalam seminggu 2 kali kelas prenatal yoga ini di hari rabu dan sabtu pagi durasi 2 jam kurang lebih, di sini instrukturnya bidan yang bekerja. Jadi, sebelum prenatal yoga diperiksa dulu kehamilannya, detak jantung janin dan tensi Moms setelah yoga juga akan diperiksa kembali. Keuntungan mengikuti prenatal yoga yang saya rasakan adalah badan terasa ringgan, tidak ada keluhan semacam sakit pinggang susah tidur dsb. 

Ikuti kelas hypnobirthing 

Hypnobirthing adalah program yang mengutamakan kesehatan Moms, baik dari segi psikologi maupun fisik. Tak jarang, teknik hypnobirthing akan melibatkan partner melahirkan (ayah atau individu pilihan lainnya) dan bayi yang akan dilahirkan. Lokasi untuk melahirkan dengan teknik hypnobirthing bisa dilakukan di kediaman yang tenang, rumah sakit, atau klinik bersalin. 

Teknik hypnobirthing juga dipercaya dapat memberikan beberapa manfaat seperti di bawah ini: - Periode tahap awal melahirkan yang lebih singkat

- Membantu mengurangi rasa sakit

- Mengurangi lama waktu dirawat di rumah sakit 

- Membantu mengurangi rasa cemas dan takut setelah melahirkan 

Tentukan Rumah Sakit / Klinik Bersalin 

Dari awal kehamilan saya sudah menentukan akan melahirkan di rumah sakit tempat saya periksa dengan faktor pendukung dokter kandungannya perempuan karena sulit sekali dokter kandungan perempuan. Pilihannya di rumah sakit karena lebih steril kalau  ada urgensi atau bila ada tindakan tertentu  akan  lebih cepat ditangani. Terlepas dari itu Moms juga harus memilih RS / klinik bersalin yang pro normal karena banyak provider yang tidak sabar dan mengambil jalan caesar. 

Siapkan Biaya Persalinan 

Biaya persalinan ini dapat Moms cicil atau siapkan dari awal kehamilan. Walaupun sudah punya kartu asuransi atau BPJS,  tapi melahirkan juga perlu biaya yang cukup menguras kantong. Melahirkannya memang bisa menggunakan BPJS yang gratis, tapi harus bolak balik ke rumah sakit perlu biaya. Sebagai gambaran, biaya melahirakn di rumah sakit  sekitar Rp 6-12 Jt. Sedangkan di klinik bersalin berkisar Rp 1,5-2,5 juta. Sementara di puskesmas sekitar Rp 700 ribu. Oh ya, untuk persalinan normal di RS Swasta tidak ditanggung BPJS. Bila di klinik, ada yang bayar setengah, sedangkan  untuk puskesmas tidak ada biaya. 

Jadi, seperti itu Moms persiapan persalinan yang saya lakukan.  Semoga bermanfaat ya, Moms.  .