Banyak hal yang terjadi pada tubuh Moms setelah melahirkan. Beberapa perubahan ini bersifat fisik, seperti payudara jadi penuh dengan ASI dan  perubahan lainnya yang bersifat emosional, misalnya stres.

Baca Juga : Tip Perawatan Setelah Melahirkan

Ketidaknyamanan dan perubahan pada tubuh setelah melahirkan adalah normal, Moms. Supaya Moms tidak kaget dan khawatir, berikut adalah beberapa hal yang perlu Moms ketahui tentang perubahan tubuh setelah melahirkan: 

Perut akan tampak seperti hamil 6 bulan

Perut yang membesar seiring berkembangnya janin tidak serta-merta langsung menyusut setelah melahirkan. Hal ini disebabkan oleh rahim Moms yang masih besar dan membutuhkan waktu sekitar 6 minggu untuk menyusut ke ukuran sebelum kehamilan. Selain itu, ada cairan sisa hamil dan melahirkan yang masih akan keluar dalam beberapa hari setelah melahirkan. Belum lagi pengaruh oleh otot perut dan kulit yang meregang dalam waktu lama, juga lemak ekstra yang Moms simpan selama hamil. Nah, jadi wajar kan Moms, bila perut belum susut begitu Moms melahirkan si Kecil. Meski begitu, Moms tak perlu khawatir, perut Moms akan kembali ke ukuran semula seiring waktu.

Baca Juga : Manfaat Penggunaan Korset /Gurita Pascamelahirkan

Merasa kram

Merasa kram atau nyeri setelah melahirkan adalah hal yang normal. Hal ini disebabkan oleh rahim Moms yang perlahan menyusut. Kram akan mereda dalam 4 hingga 7 hari setelah melahirkan. Jika rasanya mengganggu, Moms bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit yang direkomendasikan dokter.

Mengeluarkan darah

Pendarahan setelah melahirkan yang disebut lokia/nifas adalah hal yang normal terjadi. Ini berasal dari darah, lendir, dan jaringan rahim yang tersisa dari proses kehamilan. Selama 3 hingga 10 hari setelah melahirkan, jumlahnya bisa sebanyak atau lebih banyak dari saat Moms menstruasi. Lama-kelamaan darah akan berkurang, biasanya dalam waktu 2 hingga 6 minggu. Namun, jika Moms merasa darahnya keluar secara berlebihan, hubungi dokter untuk memastikan segalanya baik-baik saja.

Baca Juga : Menyikapi Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Merasa sakit saat buang air kecil

Buang air kecil setelah melahirkan biasanya terasa sakit, bahkan sulit keluar, setidaknya dalam waktu 24 jam setelah melahirkan. Apa pun yang Moms rasakan, penting untuk mengosongkan kandung kemih dalam waktu 6 – 8 jam setelah melahirkan. Sebaiknya minum banyak air putih, semprotkan air hangat ke area tersebut untuk meredakan nyeri, dan berjalan sebentar jika perlu. 

Membutuhkan waktu lama untuk menurunkan berat badan hamil

Dalam waktu 9 bulan kehamilan, berat badan Moms naik drastis karena mengandung bayi dan mencukupi nutrisi kebutuhannya. Namun, setelah melahirkan, menurunkannya kembali tidak semudah itu, bahkan bisa saja tidak turun-turun lagi. Ini adalah hal yang normal, Moms. Terpenting adalah Moms melahirkan bayi yang sehat. Mengenai berat badan, selama Moms mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang, juga melakukan aktivitas fisik secara rutin, perlahan tapi pasti berat badan Moms akan berkurang, kok. Semoga berhasil ya, Moms.