Tubuh yang membuncit sewaktu 9 bulan kehamilan, tak bisa hilang begitu si Kecil dilahirkan, Moms. Berat tubuh yang berlebih masih banyak bertahan, dan di beberapa bagian tubuh terasa melar dan lembek. 

Moms rasanya sudah tidak sabar lagi untuk memulai olahraga guna mengembalikan tubuh. Namun, terkadang banyak Moms menunda berolahraga karena kesibukan dan kelelahan mengasuh si Kecil. 

Padahal banyak manfaat bagi Moms yang telah melahirkan ini untuk memulai olahraga. Bukan hanya sekadar untuk mengembalikan bentuk tubuh, Moms. 

Manfaat olahraga pasca melahirkan

Olahraga teratur setelah melahirkan banyak manfaat bagi fisik Moms, antara lain: 

Tetap aktif secara fisik dengan berolahraga rutin juga dapat membantu psikis Moms lebih baik, seperti : 

Lebih baik lagi, jika Moms memasukkan aktivitas fisik dalam rutinitas harian, hingga bayi Moms besar nanti. Ini akan memberikan contoh positif untuk si Kecil dalam menjadikan olah kebugaran sebagai gaya hidupnya. 

Olahraga dan menyusui

Banyak Moms, khususnya yang memberikan ASI untuk si Kecil, khawatir jika berolahraga bisa mengurangi produksi ASI. Padahal, olahraga ringan itu tidak memengaruhi volume atau komposisi ASI, atau pun pertumbuhan bayi Moms. 

Memang, beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga intensitas tinggi dapat menyebabkan asam laktat terakumulasi dalam ASI dan menghasilkan rasa asam yang mungkin tidak disukai bayi. Tetapi hal tersebut jarang terjadi.

Kalau memang itu menjadi kekhawatiran Moms dan Moms memang ingin berolahraga berat sesegera mungkin, itu bisa disiasati, Moms. Caranya, Moms menyusui si Kecil dulu sebelum berolahraga. Atau, Moms  memompa ASI sebelum berolahraga, dan memberi si Kecil ASI yang dipompa ini sesudah berolahraga. Sebagai alternatif lain, Moms dapat pula olahraga dulu dan kemudian mandi, peras beberapa mililiter ASI, baru setelah setengah jam atau satu jam kemudian menyusui si Kecil. 

Kapan harus memulai?

Jika Moms mengalami kehamilan dan persalinan normal tanpa komplikasi, biasanya aman untuk mulai berolahraga beberapa hari setelah melahirkan atau segera setelah Moms merasa siap. 

Jika Moms menjalani operasi Caesar, perbaikan vagina ekstensif atau kelahiran yang rumit, bicarakan dengan dokter kandungan sebelum memulai program olahraga.

Jadi, jangan tunda berolahraga ya Moms!