Sebagai seorang ibu yang rutin melakukan pengosongan payudara atau pumping,  awalnya saya merasa kebingungan dalam memilih tempat penyimpanan ASIP.  Ada beberapa pilihan yaitu, kantong, botol kaca dan wadah plastik.  Dari ketiga wadah tersebut, manakah yang paling aman? Jika Moms merasa kebingungan seperti saya, yuk, kita bahas satu per satu kelebihan dan kekurangan wadah penyimpanan ASI berdasarkan pengalaman saya. 

Kantong ASIP 

Kantong ASI atau plastik ASI adalah wadah yang terbuat dari plastik dan didesain khusus untuk menyimpan ASI. Kantong ASI memiliki beberapa kelebihan, di antaranya: 

Karena ukurannya  yang relatif kecil, kantong ASIP mudah disimpan di berbagai wadah 

 Kantong ASI  bisa langsung dipakai, bisa juga langsung disambungkan ke alat pompa ASI. 

 Di depan kantong ASI  sudah diberi tempat tersendiri untuk memberi label tanggal, dan jam pumping 

Umumnya tersedia berbagai ukuran, dari 100 ml, 120 ml hingga 200 ml, Moms hanya perlu menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan.

Kekurangan kantong ASI

Untuk pemakaian jangka panjang cukup boros karena satu boks kantong ASI seharga Rp 30-60 ribu. Dalam sebulan,  saya bisa menghabiskan 6 boks kantong ASI. 

Jika zipp lock kurang pas, ASI  mudah bocor 

Karena terbuat dari plastik yang sulit diurai, sehingga bisa menimbulkan banyak sampah plastik.  

Botol kaca 

Banyak Moms yang menyukai wadah botol kaca untuk menyimpan ASIP. Ada banyak pilihan botol kaca. BIasanya setiap botol memiliki kapasitas 100 ml dan 120 ml. Salah satu yang perlu dipertimbangkan saat memilih botol kaca adalah saat ASI memuai ketika beku, tutup botol yang terbuat dari karet  bisa copot dan malah membuat ASIP terkontaminasi udara di freezer. 

Kelebihan botol kaca :

Kekurangan botol kaca: 

Botol plastik

Keuntungan botol ini tidak jauh berbeda dengan botol kaca. Ada banyak pilihan merk dan ukuran. Untuk botol plastik, cari yang sudah BPA Free ya Moms biar aman dan tidak merusak kualitas ASI . 

Kelebihan botol plastik : 

Kekurangan botol plastik : 

 Jadi di awal kelahiran si Kecil,  saya memakai wadah botol kaca dan botol plastik untuk penyimpanan ASIP,  namun hanya bertahan 2 minggu karena freezer  sudah full terisi botol-botol ASIP. Akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan kantong ASIP dan bertahan sampai 2 tahun. Semoga dapat membantu ya Moms.