Puting lecet saat menyusui adalah hal yang acap kali dirasakan oleh para ibu menyusui, terutama pada minggu-minggu pertama menyusui, ketika ibu dan bayinya masih saling beradaptasi. 

Penyebab puting lecet bermacam-macam, salah satu sebab paling umum adalah perlekatan yang kurang baik. Selain itu masalah variasi anatomi payudara ibu seperti puting datar dan variasi anatomi mulut anak seperti tongue tie atau lip tie juga bisa berkontribusi menyebabkan puting Moms lecet. Infeksi dan alergi seperti eksim atau dermatitis juga bisa membuat puting lecet. Apakah Moms sedang mengalami puting lecet? Nah, Moms bisa coba 4 cara alami mengobati puting lecet saat menyusui berikut ini. 

Lanolin

Lanolin adalah lemak yang diekstrak dari bulu domba dan telah banyak digunakan oleh para ibu menyusui untuk meredakan dan melembapkan kulit puting yang lecet. Tidak perlu banyak-banyak menggunakannya ya, Moms, cukup oles tipis-tipis pada area puting yang lecet. Yang perlu diperhatikan saat memilih lanolin pastikan produk tersebut murni dan telah bebas dari residu alkohol, detergen, dan pestisida. 

ASI 

Ini adalah cara turun temurun yang diwariskan oleh para ibu kepada anak-anak perempuan mereka, yaitu dengan mengoleskan ASI ke area puting yang lecet secara berkala dan setiap sebelum dan sesudah menyusui si Kecil. Cara mudah ini banyak membantu para ibu yang putingnya lecet untuk pulih lebih cepat. 

Kompres Hangat 

Kompres hangat pada area puting yang lecet juga bisa jadi cara alami yang bisa Moms coba. Dalam sebuah studi dinyatakan bahwa kompres hangat lebih efektif meredakan puting lecet ketimbang lanolin dan ASI. 

Virgin Coconut Oil 

Minyak kelapa perasan pertama atau virgin coconut oil adalah minyak yang terkenal dengan kemampuan antibakteri, antijamur, antiinflamasi, juga meredakan nyerinya. Minyak kelapa murni tidak punya senyawa alergi dan termasuk aman bagi bayi. Jadi kalau di rumah Moms ada VCO berkualitas baik, bisa Moms coba oleskan sering-sering pada bagian puting yang lecet. 

Menyusui seharusnya bukanlah sebuah proses yang menyakitkan. Jika Moms terus mengalami puting lecet dan rasa sakit selama menyusui, jangan segan-segan untuk melakukan konseling pada konselor laktasi terdekat ya, Moms. Supaya Moms bisa mendapatkan solusi yang sesuai dengan penyebabnya. Semangat meng-ASI-hi, Moms!