Salah satu manfaat menyusui si Kecil adalah Moms bisa mendapatkan penurunan berat yang membengkak gara-gara kehamilan. Malah ada yang Moms yang bisa mengembalikan berat badannya kurang dari 3 bulan setelah melahirkan!

Apa iya? Kok bisa? Ini alasannnya.

Bisa segera langsing

Moms bisa segera menurunkan berat badan setelah melahirkan itu tidak mengada-ada. Masuk akal sekali, bahkan ada beberapa penelitian yang mendukungnya. Namun, syaratnya Moms ternyata harus menyusui secara ekslusif. Si Kecil hanya diberikan ASI oleh Moms. 

Tak percaya? Berikut beberapa penelitian yang membuktikan bahwa memberikan ASI ekslusif itu bisa membuat badan Moms segera langsing kembali, ini beberapa di antaranya:

Jadi, dengan perhitungan tersebut di atas, seharusnya secara teoritis Moms bisa menurunkan berar badan setidaknya sekitar 3,2 kg  setiap bulan tanpa mengubah pola makan atau olahraga. Ini cukup dengan banyak menyusui ASI si Kecil, lho

Harus ekslusif

Ternyata untuk mencapai body goals seperti hasil di atas memang diperlukan syarat  Moms harus menyusui ASI untuk bayi Moms itu secara ekslusif, setidaknya selama 6 bulan. Selain itu, Moms dalam  menyusui ekslusif ini pun  perlu diiiringi dengan konsumsi makanan yang bernutrisi dan tinggi serat. Asupan tersebut adalah makanan  tinggi protein dan tanpa lemak. Juga ditambah sumber makanan kaya serat dari  buah-buahan, syuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. 

Bila Moms melakukan semua itu semua, ternyata memberikan dampak bukan hanya penurunan berat badan lebih cepat setelah melahirkan. Menyusui ekslusif dan pilihan makanan itu akan memberikan efek jangka panjang yang posotif untuk berat badan Moms. Antara lain: 

Jadi Moms jangan melewatkan kesempatan untuk menyusui ekslusif si Kecil. Bukan hanya penting bagi bekal tumbuh kembang anak. Menyusui ekslusif ini memberikan efek  pada berat badan Moms, bahkan bertahun-tahun setelah melahirkan.

^IK