Pemilihan botol susu untuk bayi sangat penting. Bagi banyak Moms, memilih botol susu yang tepat terkadang menjadi dilema. Ada yang memilih botol susu kaca, ada pula yang lebih memilih botol plastik. Apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam memilih botol susu untuk si Kecil?  

- Botol plastik lebih ringan dibandingkan kacan dan bahannya tidak mudah pecah.  

- Dari segi kualitas, botol plastik tidak tahan lama.  

- Beberapa orangtua memilih botol berbahan kaca untuk menghindari bahan kimia yang disebut bisphenol A (BPA) yang sering digunakan dalam pembuatan botol plastik. Sekarang, sudah banyak produk botol plastik yang dijual bebas BPA atau BPA-free. 

Benarkah botol susu kaca lebih baik daripada  botol plastik?  

Botol plastik mengandung bahan kimia beracun yang disebut Bisphenol A. Hal ini dapat menyebabkan pubertas dini, efek berbahaya pada otak dan sistem reproduksi. Ketika Moms menuangkan susu atau cairan hangat ke botol plastik, zat kimia ini larut ke dalam makanan atau cairan yang terkandung di dalamnya. 

Namun,  botol kaca memiliki kekurangan.  Botol kaca lebih berat dan mudah pecah. Pecahan bisa melukai bayi Moms  jika tidak berhati-hati. Botol kaca juga lebih mahal dibandingkan dengan botol plastik. Selain itu, sulit untuk dibawa-bawa  dan perlu ditangani secara baik. 

Sebagian orangtua memilih menggunakan botol yang terbuat dari kaca untuk memberikan susu formula atau ASI perah pada bayi. Mereka percaya bahwa penggunaan botol kaca lebih aman dibandingkan dengan botol plastik. Penggunaan botol kaca juga dianggap lebih ramah lingkungan karena bisa digunakan dalam waktu jangka panjang dibandingkan dengan botol plastik. 

Ada pun merk botol susu kaca : 

  1. Pigeon

Botol kaca Pigeon wide neck terbuat dari bahan kaca borosilikat. Botol ini bebas BPA dan tahan panas hingga 120 derajat celcius.  

  1. Philip Avents 

Botol susu kaca natural dari Philips Avent ini terbuat dari kaca borosilikat tipe 1. Bentuknya ergonomis sehingga mudah digenggam dan bisa digunakan sejak bayi baru lahir. Leher botol juga lebar, sehingga mudah diisi dan dibersihkan, Moms. 

  1. Puku 

Botol Puku terbuat dari glass crystal. Botol ini bebas BPA yang mampu menahan panas hingga 600 derajat celcius. Botol kaca Puku relatif lebih berat, sehingga penggunaan untuk bayi di atas 3 bulan harus dalam pengawasan.

  1. NUK 

Botol ini memiliki ukuran leher standar. Ini adalah salah satu produk feeding baby bottle yang bisa digunakan untuk ASI perah, susu formula, atau minuman lainnya. Botol NUK terbuat dari bahan bebas BPA yang mampu menahan panas hingga 120 derajat celcius.  

Jadi Moms, sudah bisa menentukan mana yang lebih baik, botol kaca atau plastik? Yang penting Moms, apa pun pilihannya, sesuaikan dengan kebutuhan Moms dan si Kecil, ya.