Semua buah-buahan memang bergizi dan lezat. Tapi, di saat Moms baru melahirkan dan menyusui ASI, ada beberapa buah yang diberikan poin lebih tinggi dari buah lainnya. Hal ini karena jenis buah tersebut memberikan manfaat plus untuk membantu Moms mengatasi luka pasca melahirkan, juga terkait dengan produksi ASI selama masa menyusui.

Apa sajakah buah-buah ini?  

Pepaya Muda

Pepaya hijau atau pepaya muda ini dianggap sebagai galactagogue, yaitu zat yang dapat meningkatkan produksi ASI. Jadi, bila Moms mengonsumsi buah ini bisa membantu produksi ASI yang seringkali menjadi keluhan para new Moms

Memakan pepaya hijau juga dapat membantu Moms tetap terhidrasi, alias tidak kekurangan cairan. Ini kondisi yang menjadi keharusan selama Moms  menyusui. Apalagi pepaya pun  merupakan sumber yang kaya akan Vitamin C yang ramah terhadap lambung. Tidak membuat lambung perih, sekaligus bertindak sebagai pencahar alami. Dengan demikian, Moms terhindar dari kondisi sembelit dan meningkatkan pencernaan yang sehat. 

Untuk mengonsumsinya, Moms bisa tambahkan setengah cangkir pepaya bersama bahan lain untuk dijadikan segelas smoothie. Moms juga dapat mengonsumsinya sebagai salad atau dibuat masakan sayur pepaya bersama tempe atau tahu.

Pisang

Buah ini juga merupakan pencahar alami dan dapat membantu kesehatan pencernaan. Pisang menjadi sumber yang kaya serat dalam mencegah sembelit. Namun, yang paling terpenting dari buah ini bagi Moms yang menyusui adalah kandungan potassium dan kaliumnya. 

Kalium penting selama kehamilan dan pasca-kehamilan. Dan, saat Moms memberikan ASI bagi si Kecil, Moms akan membutuhkan lebih banyak. Karena mineral ini  akan menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh Moms.

Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang paling sehat dan dapat bermanfaat bagi kesehatan Moms dan si Kecil. Seperti pisang, alpukat juga mengandung banyak potasium di dalamnya. Memakannya selama menyusui dapat membantu bayi Kecil Moms dalam mengembangkan kemampuan penglihatan, kesehatan jantung, dan pencernaannya. Nilai plus lainnya, rambut si Kecil akan tumbuh lebih subur dan sehat.

Blewah

Buah ini jadi buah wajib di banyak keluarga sewaktu Bulan Ramadhan. Rasa manis yang menyegarkan memang sangat cocok menjadi pembuka saat seharian berpuasa. Tapi, jangan hanya menyajikan buah ini di masa bulan puasa. Saat Moms menyusui segera beli buah ini. 

Blewah kaya akan vitamin K, vitamin B, serat, kalium, magnesium, niasin, thiamin, dan folat. Dengan mengonsumsi buah ini dapat membantu Moms tetap terhidrasi karena kandungan airnya yang tinggi. Buah ini dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh selama menyusui.

Sawo

Buah berair ini ternyata tinggi kalori. Bagi Moms kalori ini sangat penting. Karena menyusui ASI itu melelahkan dan menguras banyak energi. Nah, di saat Moms menyusui dan butuh energi tambahan super, coba, deh makan buah ini. 

Sawo juga kaya serat dan banyak mineral dan vitamin. Nilai plus lainnya, buah sawo juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Tentunya, seorang Moms yang menyusui sangat membutuhkan nilai perlindungan tersebut agar selalu sehat.

Buah ara 

Ternyata memang tanpa sebab buah ara ini sering disebut di dalam kita suci beberapa agama. Dalam sejumlah resep masakan dan salad pun buah ini sering jadi bahan makanan wajib. Bahkan kini beberapa perusahaan produksi makanan bayi juga memasukkan buah ara sebagai bahan makanannya. 

Buah ara ternyata banyak memberi kandungan mineral, seperti mangan, magnesium, tembaga, kalsium, besi dan kalium. Semua kandungan yang penting bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Selain itu, buah ini pun merupakan sumber serat, Vitamin K, dan Vitamin B6. Lengkap kan…

Selamat mencoba ya Moms..

^IK